detikNews
Minggu 15 September 2019, 10:40 WIB

Belasan Tahun Tinggal di Rote, Bule Prancis Ini Terpikat Pesona Alamnya

Moch Prima Fauzi - detikNews
Belasan Tahun Tinggal di Rote, Bule Prancis Ini Terpikat Pesona Alamnya Foto: Moch Prima Fauzi/detikcom
Rote Ndao - Rote merupakan pulau yang berada di kawasan Selatan Indonesia. Pulau seluas 1.200 km2 ini dianugerahi oleh pantai-pantai yang eksotis seperti Nemberala, Bo'a, Tiang Bendera dan lainnya. Hal ini lah yang menjadi daya pikat bagi wisatawan lokal maupun mancanegara datang ke Pulau Rote. Salah satunya adalah Axel Chalvet.

Bule asal Prancis tersebut bahkan sudah tinggal selama 12 tahun di Rote, yakni sejak 2007. Axel mengatakan, saat pertama kali datang ke Rote, ia merasakan suasana alamnya masih terjaga. Di samping itu keramahan penduduknya bikin dia betah tinggal di Rote.

Axel yang lahir di Pulau Dewata, Bali, pada 1984, pun memilih tinggal di Rote ketimbang di tanah kelahirannya. Ia malahan mengelola sebuah resort mewah yang akan segera diresmikan tahun depan.


Di matanya, Rote memiliki potensi pariwisata yang akan terus berkembang ke depan. Hal itu sejalan dengan adanya perbaikan infrastruktur, serta sarana dan prasarana yang sudah mulai dibangun.

"Perkembangannya dulu pelan-pelan, tapi sekarang infrastruktur sudah datang ke pulau, listrik dan telepon, internet juga sudah mulai datang. Perkembanganya sudah cepat dan besar," ujar Axel ketika ditemui beberapa waktu lalu.

Di Rote, ia tinggal bersama istri dan anaknya. Istri Axel yang punya darah Sumatera, membuka restoran di Nemberala, kawasan wisata yang paling tersohor di Rote. Kesempatan untuk memajukan pariwisata Rote yang masih terbuka, membuat ia dan istrinya memilih untuk berinvestasi. Saking cintanya pada Rote, dia bahkan ingin menjadi warga negara Indonesia.

"Saya masih WNA tapi berharap tidak terlalu lama saya bisa menjadi WNI," ujarnya.


Ia pun memastikan dana yang dimiliki tersimpan dengan baik dan aman. Axel merupakan nasabah Bank BRI sejak tahun 2010. Ia memilih bank BUMN tersebut karena pelayanannya dinilai lebih baik.

"Saya rutin simpan. Kita bekerja sama dengan baik. Pegawai di Bank BRI apa saja bantu kita," katanya.

detikcom bersama Bank BRI mengadakan program Tapal Batas yang mengulas mengenai perkembangan infrastruktur, ekonomi, hingga wisata di beberapa wilayah terdepan. Untuk mengetahui informasi dari program ini ikuti terus berita tentang Tapal Batas di tapalbatas.detik.com!


Simak juga video "Melihat Lebih Dekat Wilayah Terdepan Indonesia":

[Gambas:Video 20detik]


(prf/ega)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com