detikNews
Minggu 15 September 2019, 10:25 WIB

Bawa Pocong, Mahasiswa Unhas Demo Tolak RUU KPK di CFD Makassar

Muhammad Nur Abdurrahman - detikNews
Bawa Pocong, Mahasiswa Unhas Demo Tolak RUU KPK di CFD Makassar Mahasiswa Unhas Tolak RUU KPK (Amang/detikcom)
Makassar - Sekelompok mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Hasanuddin (FH-Unhas) menggelar aksi penggalangan tanda tangan menolak RUU KPK saat car free day (CFD) di Pantai Losari, Makassar. Dalam aksinya juga, salah satu peserta demo berkostum pocong dan membawa batu nisan bertulisan 'RIP KPK 2002-2019'.

Massa yang menamakan kelompoknya Gerakan Radikal Tindak Pidana Korupsi (Garda Tipikor) FH Unhas ini membawa spanduk hitam yang dibubuhi tanda tangan warga untuk petisi penolakan RUU KPK.

Koordinator aksi Garda Tipikor FH-Unhas, Arfan Alqadri, menyebutkan aksinya di acara car free day merupakan seruan kepada warga yang memadati kawasan Pantai Losari untuk mendukung KPK dalam agenda pemberantasan korupsi di Indonesia dan menolak segala upaya pelemahan terhadap KPK, khususnya upaya pengesahan RUU KPK yang sarat dengan poin-poin yang dapat melumpuhkan KPK.

"RUU KPK memiliki poin-poin krusial yang justru melemahkan KPK dalam pemberantasan korupsi, seperti pegawai KPK yang dijadikan ASN yang akan berdampak pada independensinya, pembentukan Dewan Pengawas yang dibentuk oleh DPR, yang memiliki wewenang memberi izin penyadapan," ujar Arfan saat ditemui di lokasi demo, Minggu (15/9/2019).




Arfan menambahkan, lewat aksinya, Garda Tipikor berharap ada kesamaan persepsi mengenai tindak pidana korupsi yang merupakan racun bagi kesejahteraan masyarakat.

Serta seluruh elemen pemerintahan juga dapat bekerja sama menguatkan atau membuat regulasi yang memperkuat kedudukan lembaga KPK dalam memerangi korupsi di Indonesia secara masif dan terarah.

Selain menggalang petisi warga, anggota Garda Tipikor FH-Unhas berkeliling di kawasan car free day sambil membawa poster dukungan untuk mempertahankan independensi KPK.
(mna/haf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com