detikNews
Minggu 15 September 2019, 10:10 WIB

Satpam Kini Siaga, Imbau Peziarah Tak Selfie di Makam BJ Habibie

Jefrie Nandy Satria - detikNews
Satpam Kini Siaga, Imbau Peziarah Tak Selfie di Makam BJ Habibie Koordinator sekuriti TMPNU Kalibata, Iswani, berjaga di dekat makam BJ Habibie. (Jefrie Nandy/detikcom)
Jakarta - Petugas sekuriti dari Kementerian Sosial (Kemensos) dikerahkan untuk menjaga makam Presiden RI ke-3 BJ Habibie di Taman Makam Pahlawan Nasional Utama (TMPNU) Kalibata seusai aksi selfie peziarah di lokasi beberapa waktu lalu. Sekuriti mengimbau peziarah untuk tidak selfie di makam BJ Habibie.

Pantauan di TMPNU Kalibata, Jakarta Selatan, Minggu (15/9/2019), para peziarah yang memasuki kompleks pemakaman diminta meninggalkan tanda pengenal dan dititipkan ke sekuriti. Sebelum dipersilakan masuk, peziarah diimbau tidak sekadar selfie di makam BJ Habibie.


"Di dalam hanya untuk berdoa, fotonya juga buat kenang-kenangan. Tetap nggak boleh selfie-selfie," imbau salah satu sekuriti di depan pintu masuk TMPNU Kalibata.

Tidak jauh dari makam BJ Habibie, terdapat petugas keamanan yang mengenakan topi bertulisan 'Kemensos' berjaga. Para peziarah tampak memanjatkan doa di dekat makam BJ Habibie, dan ada juga beberapa dari mereka yang mengabadikan momen.

Warga selfie di makam BJ Habibie.Warga melakukan selfie di makam BJ Habibie. (Antara Foto/Aprillio Akbar)

Saat dimintai konfirmasi, Koordinator Sekuriti TMPNU Kalibata Iswani mengatakan sudah mendapat arahan dari Kemensos untuk mengimbau peziarah tidak sekadar selfie di makam BJ Habibie. Harapannya, warga memahami adab berziarah ke makam.


"Itu kan kurang etis, kurang bagus dilihatnya. Itu aja yang kita imbau, dari pimpinan juga mengimbau seperti itu. Silakan mengambil foto, silakan berdoa sebatas untuk yang sewajarnya saja," ujar Iswani.

Sebelumnya, Mensos Agus Gumiwang berharap peziarah yang datang turut memanjatkan doa untuk mendiang Habibie. Agus menambahkan, pihaknya tidak ingin mempersulit peziarah.

"Kemarin ramai di medsos yang mencela pengunjung yang hanya ber-selfie di nisan Pak Habibie, juga banyak peziarah yang hanya memeluk nisan Bapak Habibie dan sambil selfie-selfie. Sejak itu kita tempatkan dua orang satpam di samping makam selama sebulan untuk menjaga penziarah agar berziarah dengan berdoa dan mendoakan Pak Habibie, bukan hanya untuk ber-selfie-selfie dengan nisan," kata Agus kepada detikcom.


Simak juga video "Mengenang Habibie-Ainun di Monumen Cinta Sejati Parepare" :

[Gambas:Video 20detik]


(dkp/dkp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com