Xanana Gusmao Ziarah ke Pusara Habibie, Ainun, dan Ani Yudhoyono

Jefrie Satria - detikNews
Minggu, 15 Sep 2019 10:10 WIB
Xanana Gusmao Saat Berziarah di Taman Makam Pahlawan Kalibata
Jakarta - Presiden pertama sekaligus tokoh kemerdekaan Timor Leste, Xanana Gusmao, berziarah ke pusara Presiden RI ketiga, BJ Habibie. Selain itu, ia menaburkan bunga ke pusara Ainun Habibie dan Ani Yudhoyono.

Xanana datang di TMP Kalibata, Jakarta Selatan, pada Minggu (15/9/2019), pukul 09.44 WIB. Xanana didampingi Dubes Timor Leste untuk RI, Alberto Carlos.

Setelah turun dari mobil, Xanana langsung bergegas menuju pusara. Memakai jas hitam dan kemeja putih, Xanana beserta rombongan bergegas ke makam Habibie.

Xanana mengalungkan kalung bunga ke batu nisan ke Habibie dan Ainun. Setelah itu, ia menaburkan bunga ke pusara keduanya. Hal itu ia lakukan juga di pusara Ani Yudhoyono.

Xanana juga memberikan penghormatan ke Ainun serta ke Ani Yudhoyono. Sepanjang itu, Xanana menampakkan duka mendalam.

Sebelum berziarah, Xanana telah memberikan belasungkawa ke rumah duka BJ Habibie pada Sabtu (14/9) kemarin. Dalam kunjungan itu, Xanana menyampaikan sepucuk surat pribadi kepada putra BJ Habibie, Thareq Kemal Habibie.

"Dia (Xanana Gusmao) benar-benar (menyampaikan) terima kasih sama Pak Habibie, saya aja juga baru pertama ketemu beliau. Dan agak suka melawak ya orangnya. Bagus sih dia punya spirit bagus. Tapi dia agak terharu sampai dia nangis. Dia hanya menyampaikan 2 pucuk surat. Satu surat pribadi, satu dari pemerintah. Entah isi apa karena saya belum baca," ujar putra bungsu BJ Habibie, Thareq Kemal Habibie. (asp/imk)