Trotoar Kalimalang di Tengah Jalan, Anies Suruh Walkot Jaktim Perbaiki

Arief Ikhsanudin - detikNews
Minggu, 15 Sep 2019 08:25 WIB
Trotoar di Kalimalang, Jakarta Timur, yang berada di tengah jalan. (Foto: Agung Pambudhy)
Trotoar di Kalimalang, Jakarta Timur, yang berada di tengah jalan. (Foto: Agung Pambudhy)
Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menanggapi adanya trotoar di tengah Jalan Kalimalang, Jakarta Timur. Anies akan menginstruksikan Wali Kota Administrasi Jakarta Timur M Anwar memperbaikinya.

"Nanti wali kota (Jakarta Timur) kita suruh perbaiki," ujar Anies di Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Minggu (15/9/2019).

Diketahui trotoar di Jalan Kalimalang, Jakarta Timur, terlihat ganjil karena membentang di tengah jalan. Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta menyebut trotoar yang berada di tengah Jalan Kalimalang, Jakarta Timur terkait proyek pembangunan Tol Becakayu. Sehingga keberadaan trotoar itu bukan kewenangan pemprov DKI, tetapi ranah Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).


"Jadi gini, untuk pembangunan Jalan Kalimalang itu saat ini satu paket dengan pembangunan Tol Becakayu, jadi DKI belum masuk ke situ. Itu kan dari PUPR," ujar Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Syafrin Liputo saat dihubungi, Sabtu (14/9). malam.

Syafrin mengatakan belum melihat detail pembangunan jalan tol tersebut. Menurutnya pembangunan Tol Becakayu satu paket dengan penataan jalan di bawang tol layang itu.


"Itu belum tahu, belum dapat info untuk itu (keberadaan trotoar). Nanti saya cek. Itu satu paket dengan pembangunan Tol Becakayu sekaligus dia menata yang di bawahnya," lanjutnya.

"Tapi kita belum tahu seperti apa desainnya mereka, nanti saya coba lihat desainnya seperti apa kita akan selaraskan dengan kebutuhan angkutan di sana," kata dia.


Simak juga video "Pemprov DKI Bakal Revitalisasi 31 Trotoar Demi Masyarakat" :

[Gambas:Video 20detik]

(aik/dkp)