Sambangi Kediaman BJ Habibie, Xanana Gusmao Berikan 2 Surat

Rahel Narda Caterine - detikNews
Minggu, 15 Sep 2019 00:04 WIB
Presiden pertama Timor-Leste Xanana Gusmao saat menyambangi kediaman almarhum BJ Habibie. Xanana juga bertemu dengan putra Habibie, Thareq Kemal. (Foto: ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat)
Jakarta - Presiden pertama Timor-Leste Xanana Gusmao menyampaikan sepucuk surat pribadi saat mengunjungi kediaman mendiang BJ Habibie. Surat lainnya yang diberikan mewakili pemerintah Timor-Leste.

"Dia (Xanana Gusmao) benar-benar (menyampaikan) terima kasih sama Pak Habibie, saya aja juga baru pertama ketemu beliau. Dan agak suka melawak ya orangnya. Bagus sih dia punya spirit bagus. Tapi dia agak terharu sampai dia nangis. Dia hanya menyampaikan sepucuk 2 pucuk surat. Satu surat pribadi, satu dari pemerintah. Entah isi apa karena saya belum baca," ujar putra bungsu BJ Habibie, Thareq Kemal Habibie di kawasan Patra Kuningan, Jakarta Selatan, Sabtu (14/9/2019).


Thareq mengungkapkan bahwa Xanana mengagumi sosok Presiden ke-3 RI ini yang pantang menyerah.

"Dia cerita bahwa kesan-kesan Xanana kayak gimana terhadap bapak, dan kagum sama semangat bapak yang tidak menyerah. Tidak pernah mau kalah. Maju terus pantang mundur. Orang luar Indonesia saja bisa sadar gitu, mudah-mudahan kita juga bisa," katanya.

Thareq menambahkan, Xanana berencana berziarah ke makam BJ Habibie di TMP Kalibata. Namun ia belum diberitahu jadwal pastinya dari pihak Timor-Leste.

"Ada. Tapi saya belum dikasih tahu kapan. Karena mereka atur lewat kedutaan. Jadi saya tunggu kabarnya aja. Jadi di sana saya wajib nemenin sama kakak saya juga wajib di sana," ujar Thareq.

Thareq juga mendukung adanya jembatan Habibie di Timor-Leste. "Nggak masalah. Bagus kok. Kelihatannya fotonya bagus kok. Nggak apa-apalah. Bangga kan nama salah satu orang Indonesia mendunia. Saya lihat juga di Jerman, Inggris beberapa rumah malah setengah tiang demi Pak Habibie," kata Thareq.


Simak juga video "Mengenang Habibie-Ainun di Monumen Cinta Sejati Parepare" :

[Gambas:Video 20detik]

(dkp/dkp)