Xanana Gusmao Sambangi Kediaman BJ Habibie

Rahel Narda Chaterine - detikNews
Sabtu, 14 Sep 2019 20:49 WIB
Mantan Presiden Timor Leste Xanana Gusmao mendatangi rumah almarhum BJ Habibie. (Foto: Rahel/detikcom)
Jakarta - Mantan Presiden Timor Leste, Xanana Gusmao, menyambangi kediaman mendiang Presiden ke-3 RI BJ Habibie di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan. Kedatangan Xanana disambut pihak keluarga Habibie.

Pantauan detikcom, di lokasi, di Jalan Patra Kuningan XII, Jakarta Selatan, Jumat (13/9/2019), Xanana tiba pukul 20.25 WIB. Dia datang didampingi Duta Besar Timor Leste untuk Indonesia Alberto XP Carlos.



Tak ada kalimat yang diucapkan oleh Xanana saat tiba di kediaman BJ Habibie. Dia hanya menebar senyum kepada awak media yang berada di lokasi. Untuk diketahui, pihak keluarga menggelar tahlilan selama 40 hari ke depan sejak wafatnya BJ Habibie pada Rabu (11/9) lalu.



Sebelumnya, video Xanana menjenguk dan mencium kening BJ Habibie saat masih hidup viral di media sosial. Momen itu terjadi di rumah sakit pada Agustus 2019. Awalnya, Xanana mengundang Habibie untuk menghadiri peringatan 20 tahun referendum Timor Leste pada 30 Agustus 2019. Namun, Habibie tak bisa hadir karena sakit.

BJ Habibie saat menjabat sebagai Presiden RI pada 21 Mei 1998-20 Oktober 1999 memiliki kedekatan dengan Xanana. Setelah referendum Timor Leste terjadi pada Agustus 1999, hubungan keduanya terus terjalin.


Simak juga video "Putra dan Cucu Berziarah ke Makam BJ Habibie-Ainun":

[Gambas:Video 20detik]

(idn/idn)