Wings Air Batalkan Belasan Penerbangan Akibat Kabut Asap di Kalimantan

Haris Fadhil - detikNews
Sabtu, 14 Sep 2019 15:53 WIB
Ilustrasi kabut asap (Foto: Antara Foto)
Jakarta - Kabut asap pekat akibat kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang menyelimuti sejumlah kota di Kalimantan membuat penerbangan terganggu. Salah satu maskapai, Wings Air, membatalkan belasan penerbangan dari dan ke sejumlah kota di Kalimantan akibat asap.

"Sebagai langkah menjamin keselamatan dan keamanan, Lion Air Group mengalami keterlambatan keberangkatan dan kedatangan (delay), pengalihan pendaratan (divert) serta melakukan pembatalan penerbangan (cancel) di beberapa jaringan domestik yang dilayani," kata Corporate Communications Strategic of Lion Air Group, Danang Mandala Prihantoro, Sabtu (14/9/2019).



Selain Wings Air, penerbangan maskapai lain dalam Lion Air akan terganggu karena rotasi pesawat yang terpengaruh kabut asap. Keterlambatan hingga pembatalan itu dilakukan karena jarak pandang yang tidak memenuhi syarat keselamatan penerbangan.

"Keputusan tersebut disebabkan akibat cuaca buruk berupa fog atau smoke (kabut asap) yang terjadi di beberapa daerah. Kondisi ini mengakibatkan jarak pandang pendek (visibility below minimum) dan tidak memenuhi persyaratan keselamatan penerbangan," jelasnya.
Selanjutnya
Halaman
1 2