Water Cannon-Barracuda Disiagakan Usai Ricuh Demo di Gedung KPK

Haris Fadhil - detikNews
Sabtu, 14 Sep 2019 11:22 WIB
Suasana di depan gedung KPK, Sabtu (14/9). (Haris Fadhil/detikcom)
Jakarta - Demonstrasi pro-revisi UU KPK pada Jumat (13/9) berakhir ricuh. Kendaraan taktis berjenis barracuda serta water cannon pun disiagakan hari ini di depan gedung KPK.

Pantauan di depan gedung KPK, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Sabtu (14/9/2019), terlihat dua unit water cannon dan satu unit barracuda berada di depan gedung KPK.


Selain itu, terlihat tameng-tameng dan helm kepolisian disiagakan di halaman gedung KPK. Sejumlah petugas kepolisian juga berada di lokasi.

Suasana di depan gedung KPKSuasana di depan gedung KPK. (Haris Fadhil/detikcom)


Demo di depan KPK pada Jumat (13/9) siang berujung ricuh ketika massa hendak mencabut kain hitam yang menutupi logo KPK. Polisi menyatakan tidak ada yang diamankan polisi dalam demo yang diwarnai pelemparan batu itu.

"Sejauh ini tidak ada yang kita amankan ya," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono, Jumat (13/9).



Argo mengatakan massa menggelar demo untuk menyatakan mendukung revisi UU RI Nomor 30/2002 tentang KPK, dibentuknya dewan pengawas, dan meminta KPK memecat Novel Baswedan.

Di tengah-tengah aksi, massa mulai merusak dan membakar karangan bunga yang ada di halaman KPK. Karangan bunga tersebut berisikan pernyataan prihatin terkait revisi UU KPK dan proses seleksi capim KPK yang dianggap bermasalah. (haf/fdn)