detikNews
Jumat 13 September 2019, 18:16 WIB

Profil Thareq Kemal Habibie, yang Curi Perhatian Pakai Penutup Mata

Abdul Jalil - detikNews
Profil Thareq Kemal Habibie, yang Curi Perhatian Pakai Penutup Mata Profil Thareq Kemal Habibie, yang Curi Perhatian Pakai Penutup Mata (Antara Foto)
Jakarta - Penampilan Thareq Kemal Habibie menjadi perhatian banyak orang. Saat memberikan pengumuman resmi mengenai wafatnya sang ayahanda, BJ Habibie, Thareq memakai penutup mata.

Thareq Kemal Habibie, yang saat itu tampil live, melalui televisi menyampaikan kabar duka bagi rakyat Indonesia, mengenai kepergian Presiden RI ke-3 BJ Habibie. Thareq Kemal juga menjelaskan mengenai penyebab wafatnya BJ Habibie yang diakibatkan oleh gagal jantung yang dialami ayahnya. Ia juga menyebutkan ayahnya tersebut lupa bahwa sudah dalam kondisi menua, sehingga masih melakukan beragam aktivitas yang justru membuat kesehatannya makin menurun.

Thareq pun mendapatkan banyak ucapan bela sungkawa, yang diberikan oleh seluruh warga Indonesia. Selain itu, Thareq menjadi perhatian banyak orang karena penampilannya seperti bajak laut yang menggunakan penutup mata berwarna hitam.

Memang sosoknya tak banyak disorot oleh media, hingga baru-baru ini ia begitu mencuri perhatian warga Indonesia saat mengumumkan kepergian BJ Habibie. Nah, berikut ini profil Thareq Kemal Habibie dirangkum dari berbagai sumber:


1. Profil

Thareq Kemal Habibie, yang lahir pada 1967, merupakan anak dari pasangan BJ Habibie dengan Hasri Ainun Besari. Ia adalah putra ke dua dari dua bersaudara.

Thareq menikahi wanita bernama Widya Leksmanawati pada tahun 1997. Dia dikaruniai tiga putri yang bernama Farhah Sultan Habibie, Felicia Rasyida Habibie, dan Farrah Azizah Habibie.

2. Mewarisi Kecerdasan Sang Ayah

Meski tak banyak menjadi sorotan, Thareq disebut memiliki kecerdasan yang diwarisi oleh sang ayah. Thareq juga diketahui kerap menjadi pembicara di sejumlah seminar. Ia pernah mengisi jejeran panelis dalam Indonesian Energy Innovation Challenge 2015 di Universitas Hasanuddin, Makassar.

Kala itu, Thareq menganjurkan agar Unhas harus memiliki kekhususan dalam bidang tertentu, seperti energi dan maritim agar bisa dilirik.

3. Memiliki Bisnis Sendiri

Ia menjalankan roda bisnis berupa biro engineering, dengan klien yang tersebar di berbagai negara di Eropa. Thareq juga diketahui mengelola beberapa perusahaan lain. Satu di antaranya adalah perusahaan atas namanya sendiri, yakni PT Thareq Habibie Carbon.

Pada 2017, perusahaan tersebut bersama PT Pos Indonesia merilis perangko edisi terbatas bergambar Habibie-Ainun.


4. Menggunakan Penutup Mata

Penampilan Thareq Kemal mencuri perhatian banyak orang. Pasalnya dengan penutup mata di sebelah kanan, yang membuatnya justru mencirikan penampilan seorang bajak laut.

Namun, bukan baru kali ini saja Thareq Kemal Habibie menggunakan penutup mata. Diketahui, saat menghadiri pemakaman Ibu Ani Yudhoyono, Thareq juga terlihat mengenakan penutup mata.

Saat merilis prangko edisi terbatas bersama PT Pos Indonesia pada 2017, Thareq Kemal sudah terlihat sudah mengenakan penutup mata.

Kakak Thareq, Ilham Habibie, mengungkap alasan adiknya memakai penutup mata.

"Oh, dia kena glaukoma karena dia dulu pernah ada sakit gula. Glaukoma adalah ya buta," kata Ilham di TMP Kalibata, Jakarta Selatan, Jumat (13/9/2019)


Simak juga video "Putra BJ Habibie: Bapak Punya Masalah Jantung Sejak Muda":

[Gambas:Video 20detik]


(nwy/nwy)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com