7 Bocah SD di Bekasi Diplonco Teman Sekolah untuk Diajak Tawuran

Isal Mawardi - detikNews
Jumat, 13 Sep 2019 18:19 WIB
Lorong sekolah tempat tujuh siswa SD diplonco. (Isal Mawardi/detikcom)
Bekasi - Tujuh siswa sekolah dasar (SD) di Bekasi diplonco oleh teman sekolahnya sendiri. Ketujuh siswa itu disebut-sebut diajak oleh pelaku untuk tawuran.

"Itu yang laki-laki yang mukulin biasa mau ngajakin tawuran," ujar Kasubag Humas Polres Metro Bekasi Kota Kompol Erna Ruswing ketika dihubungi wartawan, Jumat (13/9/2019).

Namun beberapa teman sekelasnya tidak mau ikut tawuran. Karena itu, bocah tersebut memukuli teman-temannya.

"Tapi anak-anak itu tidak mau (tawuran). Intinya itu (dipukulin)," ujar Erna.

Hal yang sama diungkapkan oleh pihak sekolah. Seorang guru berinisial AS menyebutkan anak-anak itu diajak tawuran oleh pelaku.

AS menjelaskan peristiwa itu terjadi pada Senin (9/9) selepas upacara bendera. Ketujuh korban dikumpulkan oleh pelaku dan teman-temannya di sebuah lorong di lingkungan sekolah.

"Habis upacara, ada jeda sedikit waktu, kemudian teman-temannya itu dipanggil satu kelas, karena ada rencana mereka mau nyambangi anak-anak SD lain. Mengajak untuk menyambangi SD lain karena katanya sih mau tawuran," kata AS.









Sebelum mereka benar-benar diturunkan dalam tawuran, ketujuh siswa itu kemudian diberi 'pelatihan' oleh pelaku. 'Pelatihan' itu berupa tamparan dari pelaku.

"Yang dipukul itu sebetulnya kaya model 'latihan' dulu. Iya, jadi anak-anak biar tegar untuk menyambangi SD lain itu, mereka latihan dulu," sambungnya.

Aksi itu direkam video oleh teman sekelasnya. Video itu kemudian tersebar viral di media sosial.

Kasus itu telah diselesaikan secara kekeluargaan. Polisi juga telah memanggil pihak sekolah, guru, KPAI, hingga Disdik Bekasi.

"Telah dilakukan problem solving oleh Kanit Binmas dengan mengikutsertakan KPAI Bekasi, Disdik, pihak sekolahan, orang tua korban maupun terduga pelaku," ujar Kapolres Metro Bekasi Kota Kombes Indarto.

(isa/mea)