Sebelum Dilucuti Pendemo, Polisi Minta Kain Hitam di Logo KPK Dicopot

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 13 Sep 2019 17:00 WIB
Logo KPK di lobi terpampang setelah kain hitam dilucuti pendemo (Foto: dok detikcom)
Logo KPK di lobi terpampang setelah kain hitam dilucuti pendemo (Foto: dok detikcom)
Jakarta - Aksi demonstrasi di halaman depan Gedung KPK berujung ricuh lantaran kain hitam simbol perjuangan melawan revisi UU KPK dilucuti. Namun rupanya sebelum itu sempat ada polisi yang meminta agar kain hitam itu dicopot lebih dulu.

Seorang polisi berpangkat Kompol atas nama Bambang H sempat meminta beberapa pegawai KPK mencopot kain hitam di lobi KPK. Dia beralasan gedung KPK adalah milik pemerintah yang tidak boleh diboikot semacam itu.




"Yang jelas pokoknya nggak boleh kayak gini. Yang jelas kantor negara sebenernya nggak boleh begini. Ini kan milik negara. Ini bukan perusahaan, ini untuk keamanan keseluruhan, ini instansi pemerintah bukan perusahaan. Kalau ini perusahaan saya nggak masalah, ini udah salah kaprah gitu loh. Kantor negara kok gini gitu. Milik negara kok seperti diboikot begini," ujar polisi tersebut, Jumat (12/9/2019).

"Nggak ada pemboikotan kok Pak. Ini kan ditutup juga sama pimpinan Pak Saut," jawab seorang pegawai KPK.




Bambang mengatakan apa yang disampaikannya adalah imbauan agar tidak terjadi demo lagi. Sebab pada saat bersamaan massa yang berdemo di halaman depan KPK berorasi meminta kain hitam itu dicopot.

"Supaya aman saja. Supaya tidak ada demo lagi. Kami kan sudah mengimbau," ucapnya.

"Kita nggak ada instruksi, untuk menjaga kondusivitas aja," imbuhnya.



Kain hitam itu sebelumnya menjadi salah satu gerakan pegawai KPK sebagai sikap prihatin direvisinya UU KPK. Tulisan 'Komisi Pemberantasan Korupsi' di halaman depan dan 2 logo KPK di lobi dan bagian atas gedung ditutup kain hitam.

Massa yang berdemo siang tadi awalnya mencopot kain hitam di halaman depan. Lalu mereka ingin mencopot kain hitam di lobi tetapi dihalangi pegawai KPK.

Sebelum Dilucuti Pendemo, Polisi Minta Kain Hitam di Logo KPK DicopotMassa yang beraksi di depan halaman Gedung KPK (Foto: Ari Saputra/detikcom)




Hingga pada akhirnya ada pendemo yang berhasil mencopot kain hitam di lobi KPK. Kericuhan pun terjadi. Massa melempar batu, bambu, hingga botol ke arah KPK. Polisi sempat menghalau massa dengan menembakkan gas air mata.

(dhn/fjp)