Berujung Ricuh, Massa Demo Lucuti Satu per Satu Kain Hitam di KPK

Faiq Hidayat - detikNews
Jumat, 13 Sep 2019 15:06 WIB
Foto: Faiq Hidayat/detikcom
Jakarta - Pencopotan kain hitam sebagai simbol perlawanan KPK terhadap revisi UU menuai kericuhan. Kain hitam yang dicopot ialah yang menutupi logo KPK di bagian lobi.

Dari pantauan, Jumat (13/9/2019), massa yang menamakan diri Himpunan Aktivis Indonesia serta Aliansi Mahasiswa dan Pemuda Relawan NKRI berdatangan ke KPK. Mereka berorasi di halaman depan KPK.

Mereka lalu mencopot kain hitam yang menutupi tulisan 'Komisi Pemberantasan Korupsi' di bagian depan. Setelahnya, mereka berupaya juga mencopot kain hitam di logo KPK di bagian lobi, tetapi dihalangi polisi dan petugas pengamanan KPK.


Entah bagaimana kejadiannya, tiba-tiba ada seorang massa yang berhasil mencopot kain hitam di bagian lobi itu. Hal itu memicu kericuhan.

Tampak petugas pengamanan KPK dan polisi menangkap orang-orang yang diduga melakukan provokasi itu. Teriakan terus terdengar dari massa. Situasi memanas antara petugas pengamanan KPK dan polisi dengan massa pendemo.

Sebelumnya, massa itu membakar karangan bunga yang berada di halaman KPK. Karangan bunga itu merupakan simbol 'belasungkawa' dari pegawai dan aktivis antikorupsi terkait revisi UU KPK dan proses seleksi capim KPK yang dianggap bermasalah. (fai/dhn)