detikNews
Jumat 13 September 2019, 09:50 WIB

160 Warga Adat Baduy Luar Mengungsi Akibat Kebakaran

Bahtiar Rifa'i - detikNews
160 Warga Adat Baduy Luar Mengungsi Akibat Kebakaran Foto: Suasana permukiman Baduy Luar yang terbakar (dok. Istimewa)
Lebak - Sebanyak 160 warga Kampung Kadu Gede yang masuk kawasan Baduy Luar mengungsi akibat kebakaran. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lebak mencatat ada 38 rumah di kampung yang dihuni 54 kepala keluarga tersebut.

Kebakaran terjadi di Kampung Kadu Gede, kawasan Baduy Luar, Lebak, Banten, Kamis (12/9). Kebakaran tidak hanya melanda rumah tapi juga lumbung padi.

"Ada sekitar 160 jiwa mengungsi, ngungsi juga ke kampung sebelahnya di Kampung Kadu Gede Baru, itu permukiman baru," kata Kepala BPBD Lebak, Kaprawi saat dihubungi, Jumat (13/9/2019).


BPBD katanya sudah membuat posko kebencanaan di lokasi kebakaran. Ada 1 ton beras, 100 kardus mi instan, 100 lembar terpal untuk masing-masing keluarga yang terkena bencana kebakaran.

"Berbagai kebutuhan makanan sudah disampaikan, kita buat posko dan rencana ibu bupati meluncur ke lokasi hari ini," ujarnya.

Tidak ada korban jiwa dalam kebakaran sekitar 38 rumah di kawasan Baduy Luar. Kebakaran terjadi pada Kamis (12/9) sekira pukul 13.00 WIB tersebut. Kebakaran diduga berasal dari salah satu rumah warga.


Kepala Desa Baduy Jaro Saija mengatakan, kebakaran juga mengakibatkan lumbung padi di kampung tersebut terbakar. Tidak ada korban jiwa dalam kebakaran satu kampung tersebut.

"Nggak ada yang meninggal, warga juga mengungsi di kampung sebelah," kata Saija saat dihubungi terpisah.
(bri/fdu)


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com