Sespri BJ Habibie Tak Lihat Keluarga Cendana Melayat

Eva Safitri - detikNews
Kamis, 12 Sep 2019 21:07 WIB
Pemakaman Habibie (Rengga Sancaya/detikcom)
Jakarta - Anak-anak dari Presiden RI ke-2 Soeharto tak terlihat di rumah duka ataupun saat pemakaman presiden ke-3 RI, BJ Habibie. Sekretaris Pribadi BJ Habibie, Rubijanto, juga mengaku tak melihat mereka.

"Nggak ada (geleng kepala), mungkin mereka sibuk, sedang ke luar kota. Saya tidak tahu," kata Rubijanto di rumah duka BJ Habibie, Patra Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis (12/9/2019).



Rubijanto mengatakan keluarga Habibie selalu mengundang keluarga Soeharto atau kerap diidentikkan dengan 'Keluarga Cendana' setiap kali acara besar digelar. Tapi, menurutnya, keluarga Soeharto tak pernah hadir.

"Setiap acara besar, acara ulang tahun, acara buka puasa, kita selalu undang," ujarnya.

"Belum pernah (hadir)," sambung Rubijanto.


Partai Berkarya, yang dipimpin anak Soeharto, Hutomo Mandala Putra (Tommy Soeharto), mengaku mengirim karangan bunga ke rumah duka. Namun Rubijanto tidak memperhatikan secara khusus.

"Saya nggak ngeh kalau karangan bunga, tapi saya tidak melihat secara fisik (keluarga Cendana) hadir," katanya.



Pantauan detikcom pagi hingga sore tadi, di sekitar rumah duka ada banyak karangan bunga untuk Habibie. Meski demikian, tidak ada karangan bunga dari keluarga Soeharto.

Sebelumnya diberitakan, Partai Berkarya membenarkan bahwa Tommy Soeharto tidak hadir karena sedang tidak ada di Jakarta. Sementara itu, Ketua DPP Partai Berkarya Badaruddin Andi Picunang menyebut ada kemungkinan kehadiran anak-anak Soeharto tidak terlihat saja. Namun Picunang sendiri tidak bisa memastikan apakah ada perwakilan keluarga Cendana yang menghadiri pemakaman BJ Habibie atau tidak hadir.

"Saking banyaknya orang mungkin teman-teman tidak melihat mereka. Saya juga tak melihatnya, karena terlalu banyak tokoh dan masyarakat yang melayat," sebut Picunang. (imk/bar)