Keluarga hingga Warga Sambangi Rumah Kakek BJ Habibie di Gorontalo

Azis Khalid - detikNews
Kamis, 12 Sep 2019 16:34 WIB
Rumah Kakek BJ Habibie di Gorontalo (Azis/detikcom)
Gorontalo - Keluarga besar Habibie di Gorontalo berkumpul di rumah kakek BJ Habibie, di Jalan Sultan Botutihe, Kota Gorontalo. Selain keluarga, warga mendatangi rumah itu untuk menyampaikan belasungkawa.

Sejak pagi tadi hingga siang, banyak keluarga dan masyarakat yang datang untuk menyampaikan belasungkawa. Bagi keluarga, rumah tua peninggalan kakek BJ Habibie memberikan banyak kesan bagi keluarga besar Habibie di Gorontalo.


Rumah yang berdinding kayu ini masih terawat seperti aslinya. Ningsi Habibie yang merupakan keluarga dekat BJ Habibie mengaku ikhlas dengan kepergian sosok penyayang keluarga ini.

"Sejak masuk rumah sakit, Kami keluarga monitor terus tentang kondisi pak BJ Habibie lewat pesan WhatsApp atau lewat adik-adik yang ada di Jakarta," kata Ningsih Habibie pada detikcom Kamis (12/9/2019).



Ningsih menjelaskan, almarhum BJ Habibie pernah melaksanakan khitanan di rumah ini. Menurutnya, rumah ini punya kenangan tentang BJ Habibie.

"BJ Habibie adalah seorang sosok bapak yang patut kita contoh tentang perilaku beliau. Banyak nasihat atau wejangan-wejangan kepada keluarga kalau beliau datang ke sini ke Gorontalo, terutama soal anak-anak harus pintar seperti Bapak BJ Habibie," jelas Ningsih.

Dia menambahkan semasa hidup kepedulian BJ Habibie pada keluarga besar sangat tinggi. Almarhum sering menelepon keluarga di Gorontalo sekedar menanyakan kabar. Keluarga mengaku terakhir almarhum BJ Habibie ke Gorontalo pada 2014.


"Lima tahun yang lalu Pak Habibie, bersama keluarga datang ke sini (Rumah Kakek) sama saudara-saudara sempat menyerahkan tanah pada kampus UNG dan juga di rumah ini dilaksanakan khitanan masal dan beat masal. Semua kumpul di sini," kenang Ningsih. (rvk/asp)