Ilham Ceritakan Kebiasaan BJ Habibie Setiap Jumat ke Makam Ainun

Jefrie Nandy Satria - detikNews
Kamis, 12 Sep 2019 14:53 WIB
Proses pemakaman BJ Habibie (Noval/detikcom).
Jakarta - Putra Presiden RI ke-3 BJ Habibie, Ilham Akbar Habibie, mengenang ayahnya sebagai sosok yang penuh cinta. Habibie disebut menjadi teladan bagi keluarga tentang ketulusan cinta.

"Dan yang terakhir dari kacamata kami adalah memberikan contoh mengenai cinta. Cinta itu adalah cinta tentunya suami-istri, cinta kepada sanak saudara, kepada pekerjaan, negara dan bangsa, cinta kepada dunia ini, cinta seluas-luasnya. Itulah Bapak, Pak Habibie. Namanya adalah Habibie, yang mencintai yang dicintai," kata Ilham di TMP Kalibata, Jakarta Selatan, Kamis (12/9/2019).


Ilham lantas mengingat momen sembilan tahun silam saat pemakaman ibundanya, Hasri Ainun Besari. Sejak ibundanya meninggal, kata Ilham, Habibie selalu datang ke makamnya setiap Jumat.

"Mereka sekarang bisa bersatu, bersatu dalam akhirat, sesuatu hal yang didamba-dambakan Bapak semenjak ibu wafat. Bayangkan Bapak itu tiap hari tahlilan, setiap hari Jumat atau lebih, ke makam untuk berdoa," ujar dia.



Selain tentang cinta, Ilham mengenal ayahnya sebagai tokoh yang selalu memperjuangkan kebaikan. Menurut Ilham, Habibie telah menjadi tokoh bagi perkembangan teknologi dan industri di Indonesia.

"Hidup Bapak dapat digambarkan seperti ini, adalah perjuangan untuk kebaikan. Ada beberapa contoh. Tadi Bapak Presiden sudah menyebutkan beberapa. Perjuangan untuk mengadakan teknologi dan industri di Indonesia demi kemajuan bangsa dan negara, bapak pula perjuangkan Islam dan demokrasi di Indonesia agar supaya ditunjukkan kepada dunia ini bahwa keduanya kompatibel," imbuhnya.


Ilham pun berdoa agar ayah dan ibundanya ditempatkan di tempat yang terbaik di sisi Allah SWT. Dia berdoa agar kedua orang tuanya tenang.

"Insyaallah mudah-mudahan mereka untuk selamanya bersama berdua di sisi Allah SWT di surga di akhirat di alam baka," tutur Ilham. (knv/fjp)