Jokowi Ungkap Jasa BJ Habibie Membangun Fondasi Demokrasi di RI

Noval Dhwinuari Antony - detikNews
Kamis, 12 Sep 2019 14:43 WIB
Jenazah Presiden RI ke-3, BJ Habibie, dimakamkan di TMP Kalibata. (Grandyos Zafna/detikcom)
Jenazah Presiden RI ke-3, BJ Habibie, dimakamkan di TMP Kalibata. (Grandyos Zafna/detikcom)
Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menilai jasa BJ Habibie ketika menjadi Presiden begitu berdampak pada kehidupan berdemokrasi di Indonesia. Jokowi mengatakan iklim demokrasi saat ini tak terlepas dari peran Habibie.

"Kita juga tidak akan pernah lupa jasa beliau ketika menjadi Presiden Republik Indonesia yang saat itu beliau dengan cepat meletakkan serta menguatkan fondasi demokrasi Indonesia yang kita semua turut nikmati hingga saat ini," kata Jokowi di TMP Kalibata, Jakarta Selatan, Kamis (12/9/2019).

Habibie diangkat menjadi Presiden RI ke-3 setelah Soeharto menyatakan mundur pada 1998. Saat itu Habibie harus menghadapi tantangan di masa transisi dari Orde Baru ke Reformasi.


Jokowi mengatakan Habibie adalah negarawan yang terus memikirkan kebaikan bangsa Indonesia. Jokowi melihat Habibie memberi kontribusi terhadap Indonesia lewat visi riset dan teknologi.

"Almarhum tidak hanya berpikir diri sendiri namun berpikir apa saja yang terjadi bukan saja tentang apa yang terjadi saat ini, bukan juga hanya untuk 1-2 tahun mendatang. Beliau berpikir untuk 50 tahun ke depan, 100 tahun ke depan, hingga Indonesia bisa tinggal landas," ujar dia.



Jokowi mengatakan Habibie juga mengajarkan kepada masyarakat Indonesia untuk terus maju. Habibie ingin agar sumber daya manusia (SDM) Indonesia punya bekal pengetahuan yang disertai rasa cinta dan dilandasi nilai agama.


"Almarhum di masa senjanya, almarhum tanpa lelah terus mengingatkan kita semua jadi manusia terbaik Indonesia, beliau terus mengingatkan kita untuk menjadi manusia-manusia yang selalu berhati Indonesia. Beliau selalu mengingatkan SDM Indonesia dikuatkan dengan agama, ilmu pengetahuan, dan kebudayaan," ungkap dia.

"Maka dengan ini saya mengajak seluruh rakyat Indonesia untuk mengucapkan terima kasih dan memberi penghormatan tertinggi atas darma bakti almarhum terhadap bangsa dan negara. Mengajak untuk mendoakan almarhum agar ditempatkan di sisi terbaik Allah SWT dan husnul khatimah," sambungnya. (jbr/hri)