detikNews
Kamis 12 September 2019, 14:31 WIB

Jokowi: Pesawat Gatotkaca BJ Habibie Inspirasi Bangsa untuk Percaya Diri

Noval Dhwinuari Antony - detikNews
Jokowi: Pesawat Gatotkaca BJ Habibie Inspirasi Bangsa untuk Percaya Diri Jokowi di pemakaman BJ Habibie. (Jefrie Nandy Satria/detikcom)
Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengenang sosok Presiden RI ke-3 BJ Habibie sebagai tokoh yang sudah peduli terhadap bangsa sejak usia muda. Jokowi mengungkit sejumlah karya membanggakan dari BJ Habibie.

"Almarhum tidak hanya berpikir tentang apa yang terjadi di Indonesia saat ini, tidak hanya berpikir apa yang terjadi di Indonesia untuk satu atau dua tahun mendatang, tapi almarhum sudah berpikir dan bekerja untuk membangun masa depan Indonesia 50 tahun ke depan, untuk 100 tahun ke depan, untuk Indonesia bisa lepas landas menjadi Indonesia maju," kata Jokowi dalam prosesi pemakaman BJ Habibie di TMP Kalibata, Jakarta Selatan, Kamis (12/9/2019).


Jokowi mengatakan Habibie telah menorehkan sejarah di Indonesia. Karya Habibie membuat bangsa ini berani untuk percaya diri bersaing dengan bangsa-bangsa lain.

"Dari visi beliau hadir industri-industri strategis di Indonesia. Dari dedikasi beliau yang berbasiskan riset dan teknologi, pesawat Gatotkaca mengudara pertama kali pada saat peringatan 50 tahun kemerdekaan Indonesia," ucap Jokowi.

"Sebuah peristiwa bersejarah yang tertanam dalam benak banyak rakyat Indonesia, menginspirasi kita untuk percaya diri, menginspirasi anak-anak muda untuk bangkit dan belajar untuk menjadikan Indonesia sebagai negara yang berdiri sejajar dengan negara-negara besar di dunia," tutur Jokowi.



Warisan Habibie di Langit Nusantara:

[Gambas:Video 20detik]


(gbr/gbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com