detikNews
Kamis 12 September 2019, 13:11 WIB

Profil Jusuf Kalla yang Kenang BJ Habibie sebagai Putra Terbaik Bangsa

Puti Yasmin - detikNews
Profil Jusuf Kalla yang Kenang BJ Habibie sebagai Putra Terbaik Bangsa Jusuf Kalla bersama BJ Habibie (Instagram/@jusufkalla)
Jakarta - Wakil Presiden Jusuf Kalla mengenang sosok BJ Habibie sebagai putra terbaik bangsa. Ia pun berdoa agar BJ Habibie mendapat tempat terbaik di sisi Allah SWT.

Jusuf Kalla sempat menjenguk BJ Habibie kala dirawat di RSPAD Gatot Soebroto. BJ Habibie dirawat sejak 1 September dan meninggal dunia pada 11 September kemarin.


Berikut ini fakta-fakta Jusuf Kalla yang dirangkum detikcom dari berbagai sumber:


1. Dua Kali Menjabat Wapres

Jusuf Kalla menjabat wakil presiden sebanyak dua kali. Sebelumnya, ia mendampingi Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono pada 2004-2009. Kemudian ia mendampingi Presiden Joko Widodo pada periode 2014-2019.

2. Pengusaha

Sebelum dikenal sebagai politikus, Jusuf Kalla merupakan pengusaha. Pada 1968, ia merupakan CEO Hadji Kalla, perusahaan yang bergerak di bidang ekspor-impor, perhotelan, konstruksi, real estate, hingga telekomunikasi.

3. Keluarga

Jusuf Kalla menikah dengan gadis cantik bernama Mufidah Miad Saad. Dari pernikahannya, ia dikaruniai lima orang anak: satu putra dan empat putri.


4. Organisasi

Sejak muda, Jusuf Kalla aktif dalam organisasi. Pengalamannya dimulai pada 1960, yakni bergabung dalam Pelajar Islam Indonesia (PII) Cabang Sulawesi Selatan, Ketua HMI Cabang Makassar, hingga Ketua Kamar Dagang dan Industri Daerah Sulsel.

5. Kenang BJ Habibie

Jusuf Kalla memiliki ikatan yang dekat dengan BJ Habibie karena sama-sama dari Sulawesi Selatan. Ia pun merasa kehilangan sosok Habibie yang memiliki banyak prestasi.


Simak Video "Melihat Lagi BJ Habibie Bicara tentang Infrastruktur Negeri"

[Gambas:Video 20detik]


(pay/nwy)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com