Grace Natalie: BJ Habibie Orang yang Berani Ambil Risiko, Selalu Positif

Farih Maulana - detikNews
Kamis, 12 Sep 2019 12:20 WIB
BJ Habibie (Foto: Istimewa)
Jakarta - Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Grace Natalie datang melayat ke rumah duka Presiden RI ke-3 BJ Habibie. Grace menyampaikan rasa kehilangan atas meninggalnya BJ Habibie.

Grace mengatakan Habibie sebagai sosok terbuka dan berani menghadapi tantangan. Baginya, BJ Habibie panutan orang di segala zaman.

"Pak Habibie itu buat kami orang segala zaman, orang yang terbuka, progresif, dan ketika saat belum banyak orang seperti beliau, orang yang berani mengambil risiko, orang yang tidak takut menghadapi tantangan," ujar Grace di rumah duka BJ Habibie, di Patra Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis (12/9/2019).


Selain itu, Grace menyebut sosok BJ Habibie sebagai orang yang selalu menebar energi positif. Menurutnya, BJ Habibie selalu memiliki semangat menatap masa depan.

"Beberapa kali kan kalau wawancara atau momen apa pun beliau selalu menunjukkan semangat positif, memiliki harapan ke depan, dan kita sangat kehilangan seseorang yang seperti beliau," ungkapnya.



BJ Habibie mengembuskan napas terakhirnya pada Rabu (11/9) pukul 18.05 WIB di RSPAD Gatot Soebroto. Habibie dirawat di sejak Minggu (8/9).


BJ Habibie akan dimakamkan besok di TMP Kalibata, tepat di samping makam sang istri, Ainun Habibie. Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan memimpin upacara pemakaman siang ini.

Atas meninggalnya Habibie, pemerintah mengimbau masyarakat dan lembaga kenegaraan mengibarkan bendera setengah tiang selama 3 hari sebagai penanda hari berkabung nasional. (jbr/jbr)