Paspampres Sterilisasi TMP Kalibata, Anjing Pelacak Dikerahkan

Matius Alfons - detikNews
Kamis, 12 Sep 2019 09:59 WIB
Foto: TMP Kalibata persiapan pemakaman BJ Habibie (Matius Alfons)
Jakarta - Petugas Paspampres melakukan sterilisasi di Taman Makan Pahlawan (TMP) Kalibata menjelang pemakaman Presiden ke-3 BJ Habibie. Sejumlah anjing pelacak dikerahkan di lokasi.

Panatauan detikcom di TMP Kalibata, Jalan Pahlawan, Kalibata, Jakarta Selatan, Kamis (12/9/2019) pukul 09.40 WIB, sejumlah petugas kepolisian dan Paspampres tampak sibuk melakukan persiapan. Polisi dari Satuan K9 membawa anjing pelacak ke dalam area pemakaman.

Proses sterilisasi berlangsung selama sekitar 30 menit. Sterilisasi dilakukan untuk menjamin keamanan selama prosesi pemakaman berlangsung.

Metal detector disiapkan di gerbang masuk menuju TMP Kalibata. Semua yang masuk kawasan TMP Kalibata dilakukan pengecekan.

Sebelumnya aparat TNI-Polri juga telah menggelar apel gabungan pengamanan jelang pemakaman Presiden ke-3 RI, B.J Habibie. Para personel diingatkan untuk melaksanakan tugas seusai tugak pokok dan fungsi (tupoksi) masing-masing.









Apel pengamanan ini dipimpin oleh Dandim Jakarta Selatan, Kolonel Infantri Tony Aris Setyawan. Terlihat sejumlah personel TNI, Kepolisian, dan Polisi Militer dalam apel tersebut.


Anjing pelacak dikerahkan untuk sterilisasi TMP Kalibata.Anjing pelacak dikerahkan untuk sterilisasi TMP Kalibata. Foto: TMP Kalibata persiapan pemakaman BJ Habibie (Matius Alfons)



Sementara liang lahad tempat peristirahatan terakhir untuk BJ Habibie sudah disiapkan. Lokasinya berada persis di samping makam sang istri Ainun Habibie.

Pemakaman akan dilaksanakan pukul 13.30 WIB siang nanti. Upacara pemakaman akan dipimpin Presiden Jokowi.



(maa/mea)