Bareng Ibunda, Anies Melayat ke Rumah Duka BJ Habibie

Isal Mawardi - detikNews
Kamis, 12 Sep 2019 07:58 WIB
Bareng Ibunda, Anies Melayat ke Rumah Duka BJ Habibie (Foto: Isal/detikcom)
Jakarta - Presiden ke-3 RI BJ Habibie meninggal dunia. Gubernur DKI Anies Baswedan bersama ibundanya Aliyah Rasyid melayat ke rumah duka.

Pantauan detikcom, Anies dan ibunda tiba di rumah duka BJ Habibie,Jalan Patra Kuningan VII, Jakarta Selatan, Kamis (12/9/2019) pukul 07.30 WIB. Anies tampak mengenakan baju koko bewarna hitam.



Ia terlihat bersama sang ibunda yang mengenakan kursi roda. Anies tampak mendorong kursi roda tersebut.


Seusai melayat, Anies menyampaikan duka cita mendalam atas kepergian BJ Habibie. Menurut Anies, ibundanya dan BJ Habibie sering bekerja sama dalam kegiatan beasiswa.

"Baru saja saya takziah sama ibunda. Ibunda dari Yogyakarta kebetulan ibu dan Pak Habibie lama bekerja bersama dalam kegiatan beasiswa di mana anak-anak mendapatkan biaya untuk sekolah dan kuliah," ujar dia.

Bagi Anies, BJ Habibie telah menjadi tokoh yang membukakan kebebasan demokrasi di Indonesia. Selain itu, BJ Habibie juga telah menjadi teladan bagi anak bangsa dalam teknologi dan perkembangan ilmu pengetahuan.

"Ribuan anak-anak Indonesia bisa bersekolah lewat beasiswa yang dibaut olehnya. Begitu banyaknya anak-anak dikirim ke universitas terkemuka untuk belajar teknologi jutaan rumah tangga, setiap hari mengingatkan anak-anaknya belajarlah yang rajin supaya seperti Pak Habibie. Kita semua merasakan duka cita dan kita mendoakan agar Pak Habibie dimuliakan derajatnya di sisi Allah. Ditinggikan derajatnya, diterima semua amal ibadahnya dan insyaAllah terus menjadi teladan bagi kita," ujarnya.




BJ Habibie wafat dalam usia 83 tahun di RSPAD Gatot Soebroto pada pukul 18.05 WIB. Putra BJ Habibie, Thareq Kemal Habibie, menyatakan jantung sang ayah akhirnya menyerah.

"Meninggal karena sudah menua, kemarin kan saya katakan gagal jantung karena penuaan," kata Thareq di RSPAD, Rabu (11/9).

Habibie akan dimakamkan di TMP Kalibata, Jakarta Selatan, pada Kamis (12/9), tepat di sebelah makam sang istri, Ainun Habibie. Upacara pemakaman akan dipimpin Presiden Jokowi.

Pemerintah juga mengimbau masyarakat dan lembaga kenegaraan mengibarkan bendera setengah tiang selama 3 hari sebagai penanda hari berkabung nasional.

(knv/knv)