detikNews
2019/09/11 22:00:18 WIB

Menlu Retno Kenang Temani Habibie Saat Masih Jadi Dubes Belanda

Audrey Santoso - detikNews
Halaman 1 dari 2
Menlu Retno Kenang Temani Habibie Saat Masih Jadi Dubes Belanda Presiden RI ke-3 BJ Habibie. (Antara Foto-detikcom)
Jakarta - Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi mengaku kehilangan sosok Presiden RI ke-3 BJ Habibie. Retno menggambarkan sosok Habibie dalam kenangannya.

"Beliau adalah seorang yang sangat cerdas, selalu optimistis, orang yang selalu mencoba menebarkan energi positif," kata Retno seusai acara Hassan Wirajuda Perlindungan Award (HWPA) 2019 di Hotel Bidakara, Jalan Gatot Subroto, Tebet, Jakarta Selatan, Rabu (11/9/2019).


Retno mengaku memiliki hubungan yang dekat dengan keluarga Habibie. Retno kerap mengadakan pertemuan guna bersilaturahmi dengan Habibie.

"Saya mengenal keluarga Habibie sudah cukup lama, mengenal keluarga beliau cukup lama. Sehingga sering melakukan komunikasi dengan beliau. Setiap kali bertemu beliau, kami menjadi lebih bersemangat karena beliau selalu menceritakan semua dalam angle yang positif dan optimistis," kenangnya.

Retno mengingat awal semasa dirinya menjabat Duta Besar RI untuk Belanda. Habibie, disampaikan Retno, sering mengunjunginya. Retno kemudian mengilas balik ingatannya ketika dikunjungi Habibie.

"Beliau sering melakukan kunjungan, baik dalam perjalanan menuju Jerman atau memang berkunjung ke Belanda. Pada saat beliau berkunjung, saya sebagai dubes, saya menemani beliau dan juga karena saya kenal keluarganya dengan dekat, maka saya sering menemani beliau, mendengarkan cerita-cerita beliau," cerita Retno.
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com