detikNews
Rabu 11 September 2019, 21:22 WIB

Duka Cita untuk BJ Habibie, Amran: Beliau Aktif Jaga Keutuhan Bangsa

Moch Prima Fauzi - detikNews
Duka Cita untuk BJ Habibie, Amran: Beliau Aktif Jaga Keutuhan Bangsa Foto: Dok. Kementan
Jakarta - Menteri Pertanian (Mentan) Amran Sulaiman menyampaikan duka cita yang mendalam atas wafatnya Presiden RI ke 3, Prof Bacharuddin Jusuf Habibie atau BJ Habibie.

Menurut Amran, BJ Habibie merupakan sosok panutan yang menjadi guru besar bagi bangsa Indonesia. Selain itu, Habibie juga memperjuangkan modernisasi pembangunan.

"Pertama, Innallilahi wainalillahi rojiunn saya menyampaikan duka yang mendalam atas wafatnya bapak bangsa yang sangat mencintai Indonesia. Kedua, tentu kepergian beliau sangat meninggalkan kesedihan bagi saya dan seluruh rakyat Indonesia," ujar Amran, dalam keterangan tertulis, Rabu (11/9/2019).


Di mata Amran, BJ Habibie ini adalah tokoh bangsa yang sudah berjasa besar bagi Indonesia karena mengharumkan negara di daratan dunia. Amran juga mengaku bangga karena BJ Habibie berasal dari Sulawesi Selatan, tempat dimana Amran dilahirkan dan dibesarkan.

"Sebagai seseorang yang sama dilahirkan dari Sulawesi Selatan, saya bangga sekali dengan apa yang telah beliau berikan pada bangsa ini. Sekali lagi, mari kita iringi kepergian beliau dengan Al Fatihah," katanya.

"Berduka cita sedalam-dalamnya dengan meninggalnya bapak Profesor Baharuddin Jusuf Habibie sebagai Presiden ketiga. Di mana hal yang mengesankan dari beliau ini, beliau sangat memperhatikan. Dan selama beliau tidak menjabat tetap aktif untuk keutuhan bangsa dan negara," tutup Hatta.


Presiden BJ Habibie meninggal dunia di RSPAD Gatot Soebroto pada Rabu petang. Ia meninggal karena sakit yang dideritanya sejak lama dan mulai dirawat sejak 1 September 2019.


Simak juga video "Kisah Cinta Habibie-Ainun yang Haru Biru" :

[Gambas:Video 20detik]


(prf/ega)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com