detikNews
2019/09/11 19:05:08 WIB

Profil BJ Habibie, Presiden Ke-3 RI yang Juga Bapak Teknologi Indonesia

Elza Astari Retaduari - detikNews
Halaman 3 dari 3
Profil BJ Habibie, Presiden Ke-3 RI yang Juga Bapak Teknologi Indonesia BJ Habibie (Dok Antara Foto)

Sosok BJ Habibie dikenal sebagai Bapak Iptek Indonesia. Pemberian predikat itu pernah disampaikan oleh Presiden RI ke-6, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Habibie merupakan tokoh senior Partai Golkar. Hingga akhir usianya, Habibie selalu menjadi rujukan para tokoh partai berlambang pohon beringin itu.

"Kita menyebut beliau (BJ Habibie) sebagai Bapak Ilmu Pengetahuan dan Teknologi," kata SBY pada 20 Januari 2010.

Menurut SBY, Habibie layak menerima predikat tersebut karena jasa dan kontribusinya dalam mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi, baik di dalam maupun di luar negeri.

Profil BJ Habibie, Presiden ke-3 RI yang Juga Bapak Teknologi IndonesiaJokowi-JK bersama presiden terdahulu, termasuk BJ Habibie. (Biro Pers Setpres/Agus Suparto)

Hal senada disampaikan Presiden Joko Widodo. Jokowi memuji sosok Habibie sebagai ilmuwan kelas dunia dan bapak teknologi Indonesia.

"Bapak Habibie dikenal sebagai seorang ilmuwan kelas dunia, bapak teknologi Indonesia, Presiden Republik Indonesia ketiga," kata Jokowi di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta Pusat, Rabu (11/9).

Dia mengatakan Habibie adalah sosok yang menjadi teladan. Jokowi menyampaikan rasa dukacita atas nama rakyat Indonesia.

"Saya atas nama seluruh rakyat Indonesia dan pemerintah menyampaikan duka yang mendalam, menyampaikan belasungkawa mendalam atas berpulangnya ke Rahmatullah Bapak Prof BJ Habibie," ujarnya.



BJ Habibie tutup usia pada pukul 18.05 WIB hari ini di RSPAD Gatot Soebroto. Habibie meninggal dunia setelah dirawat sejak Minggu (8/9) lalu.

"Telah meninggal pukul 18.03. Meninggal karena sudah menua, kemarin kan saya katakan gagal jantung karena penuaan. Organ-organ melemah menjadi tidak kuat lagi. Pukul 18.05 jantungnya dengan sendiri menyerah sampai titik akhir. Saya ada di situ," ungkap putra BJ Habibie, Thareq Kemal Habibie.
(elz/tor)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com