detikNews
2019/09/11 19:05:08 WIB

Profil BJ Habibie, Presiden Ke-3 RI yang Juga Bapak Teknologi Indonesia

Elza Astari Retaduari - detikNews
Halaman 1 dari 3
Profil BJ Habibie, Presiden Ke-3 RI yang Juga Bapak Teknologi Indonesia BJ Habibie (Dok Antara Foto)
Jakarta - BJ Habibie tutup usia di usia 83 tahun. Presiden RI ke-3 yang dikenal sebagai 'bapak ilmu pengetahuan dan teknologi Indonesia' itu meninggal dunia setelah dirawat sejak beberapa hari lalu.

Dirangkum dari berbagai sumber, Rabu (11/9/2019), Habibie lahir di Parepare, Sulsel, pada 25 Juni 1936. Ia merupakan Presiden RI ke-3 menggantikan Soeharto, yang mengundurkan diri pada 1998. Sebelumnya, Habibie menjabat wakil presiden.


Habibie, yang merupakan anak ke-4 dari pasangan Alwi Abdul Jalil Habibie dan RA Tuti Marini Puspowardojo, menuntut ilmu di SMA Kristen Dago. Ia lalu belajar tentang keilmuan teknis mesin di Fakultas Teknik Universitas Teknologi Bandung pada 1954.

Pada 1955-1965, Habibie melanjutkan studi teknik penerbangan, spesialisasi konstruksi pesawat terbang di RWTH Aachen, Jerman Barat, hingga menerima gelar doktoringenieur dengan predikat summa cum laude.

Karir Habibie di bidang teknologi sangat moncer. Ia pernah bekerja di sebuah perusahaan penerbangan yang berpusat di Hamburg, Jerman, Messerschmitt-Bölkow-Blohm. Atas prestasinya, Habibie pun dilirik oleh Presiden Soeharto. Ia awalnya menjabat Menteri Negara Riset dan Teknologi pada 1978 hingga 1998.

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com