detikNews
2019/09/11 14:53:38 WIB

Komisi I Minta Menlu Pertimbangkan Surati Inggris soal Benny Wenda

Nur Azizah Rizki Astuti - detikNews
Halaman 1 dari 2
Komisi I Minta Menlu Pertimbangkan Surati Inggris soal Benny Wenda Foto: Raker Kemlu dengan Komisi I DPR. (Nur Azizah/detikcom).
Jakarta - Wakil Ketua Komisi I DPR Asril Hamzah Tanjung meminta Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno LP Marsudi mempertimbangkan untuk menyurati pemerintah Inggris terkait tokoh separatis Papua Benny Wenda. Asril menyebut Benny bisa membuat pemerintah Indonesia kerepotan kalau dibiarkan.

"Artinya kita mungkin perlu membahas dengan Inggris atau kirim surat. Ini agak repot. Kalau nggak disanggupi oleh Inggris, malu kita. Kalau dia (Benny Wenda) dibiarkan saja, ini kita juga repot," kata Asril dalam rapat kerja bersama Kemlu di ruang rapat Komisi I, kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (11/9/2019).



Asril meminta Retno mempertimbangkan untuk mengirim surat kepada pemerintah Inggris terkait Benny Wenda. Ia juga meminta Retno mengingatkan para perwakilan Indonesia di luar negeri soal sepak terjang Benny Wenda.

"Hanya mengingatkan saja, Benny Wenda itu memang sulit kita tebak ya. Kita ke Afrika Selatan, dia ke Afrika Selatan. Kita ke Kazakhstan, dia ke Kazakhstan dulu. Sehingga kita perlu mengingatkan duta besar, mudah-mudahan Kemlu sudah mengingatkan para dubes dan perwakilan yang 132 di luar negeri itu. Mudah-mudahan ini bisa diingat terus," ujarnya.


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com