detikNews
Rabu 11 September 2019, 13:17 WIB

Sidang 'Jual-Beli' Jabatan Di Kemenag

Ini Rincian Duit Suap dari Haris Hasanudin-Muafaq untuk Romahurmuziy

Zunita Putri, Faiq Hidayat - detikNews
Ini Rincian Duit Suap dari Haris Hasanudin-Muafaq untuk Romahurmuziy Romahurmuziy (Foto: Ari Saputra-detikcom)
Jakarta - Mantan Ketum PPP Muchammad Romahurmuziy (Rommy) menerima uang total Rp 346,4 juta dari Haris Hasanudin dan M Muafaq Wirahadi. Uang tersebut diterima Rommy berkaitan pengangkatan jabatan di Kementerian Agama (Kemenag).

"Padahal diketahui atau patut diduga bahwa hadiah tersebut diberikan sebagai akibat atau disebabkan karena telah melakukan atau tidak melakukan sesuatu dalam jabatannya yang bertentangan dengan kewajibannya," kata jaksa KPK saat membacakan surat dakwaan dalam sidang di Pengadilan Tipikor, Jalan Bungur Besar Raya, Jakarta, Rabu (11/9/2019).



Haris Hasanudin menginginkan jabatan Kepala Kanwil Kemenag Jawa Timur. Sedangkan Muafaq menginginkan jabatan Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Gresik.

Haris dan Muafaq memberikan uang kompensasi pada Rommy yang sudah membantunya mendapatkan jabatan itu. Jaksa pun merinci penerimaan uang untuk Rommy selaku anggota DPR saat itu sebagai berikut:

- Pada 6 Januari 2018, Rommy menerima uang Rp 5 juta dari Haris Hasanudin di kediamannya, Jalan Batuampar, Kramatjati, Jakarta Timur

- Pada 6 Februari 2019, Rommy menerima uang Rp 250 juta dari Haris Hasanudin di kediamannya, Jalan Batuampar, Kramatjati, Jakarta Timur



- Pada Januari-Februari 2019, Muafaq memberikan uang pada Abdul Wahab sepupu Rommy sebesar Rp 41,4 juta

- Pada 15 Maret 2019, Rommy menerima uang Rp 50 juta dari Muafaq. Uang itu diterima Rommy melalui ajudan bernama Amin Nuryadi.


Simak Video "Nama Menag Disebut Terima Duit Rp 70 Juta"

[Gambas:Video 20detik]


(fai/haf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com