detikNews
2019/09/11 13:13:18 WIB

Uji Capim KPK

Nawawi Ungkap Nasir Djamil Minta Keterangan Bersih Diri untuk Rekannya

Marlinda Oktavia Erwanti - detikNews
Halaman 1 dari 2
Nawawi Ungkap Nasir Djamil Minta Keterangan Bersih Diri untuk Rekannya Nawawi Pomolangi saat fit and proper test di Komisi III DPR. Foto: Agung Pambudhy
Jakarta - Capim KPK Nawawi Pomolango menyinggung soal anggota Komisi III Nasir Djamil yang pernah berkirim surat ke Pengadilan Negeri Jakarta Timur. Surat itu terkait permohonan keterangan bersih diri untuk maju sebagai bupati/wali kota.

Hal itu disampaikan Nawawi saat menjawab pertanyaan Nasir dalam uji kepatutan dan kelayakan capim KPK. Nasir menanyakan apakah Nawawi akan mengundurkan diri jika ada hakim yang terjerat korupsi saat dirinya nanti menjadi pimpinan KPK.

"Sosok beliau ini saya kenal malah bukan sebagai anggota dewan. Waktu itu saat saya menjabat sebagai Ketua PN Jaktim datang sepucuk surat permohonan agar dikeluarkan surat keterangan secepatnya karena ada rekan beliau yang mau jadi bupati atau wali kota di mana itu," kata Nawawi di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Rabu (11/9/2019).

"Bukan Nasir ini, Nasir lain itu," timpal Nasir.

"Ah bapak itu," kata Nawawi lagi yakin.


Nawawi kemudian mengungkapkan bahwa hingga saat ini surat permohonan itu masih tersimpan. Namun, Nasir masih membantah pernah berkirim surat.

"Sampai sekarang masih ada di saya surat itu," kata Nawawi.

"Saya tidak pernah maju walkot atau bupati," timpal Nasir.

"Ndak. Ada rekan bapak yang mau jadi walikota atau bupati dari mana itu minta surat keterangan bersih dari Jakarta Timur. Kebetulan ke saya. Nah ini saya baca dari anggota komisi tiga, kabulkan saja gitu," tutur Nawawi disambut tawa dari para anggota.
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com