detikNews
Rabu 11 September 2019, 12:25 WIB

Uji Capim KPK

Disebut Omong Kosong, Capim KPK Nawawi Singgung Saut Lobi Desmond

Marlinda Oktavia Erwanti - detikNews
Disebut Omong Kosong, Capim KPK Nawawi Singgung Saut Lobi Desmond Nawawi Pomolango (Agung Pambudhy/detikcom)
Jakarta - Politikus Gerindra Desmond Junaidi menyebut capim KPK Nawawi Pomolango omong kosong. Nawawi pun meminta Desmond tidak ragu akan komitmen dan loyalitasnya.

"Saya paham juga dengan kekhawatiran Bapak. Jangan-jangan saya ngomong di sini ketika saya duduk di KPK saya jadi lain. Barangkali itu yang ada di benak komisi III. Kami hakim pak 30 tahun, dan kalau bicara loyalitas MA itu soko guru loyalitas," kata Nawawi saat uji kepatutan dan kelayakan capim KPK di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Rabu (11/9/2019).

"Saya Pak kalau ketemu Ketua MA harus membungkuk Pak seperti di pengadilan. Bicara komit luar biasa, beliau adalah guru kami. Kami dibesarkan dengan lembaga yang memberi teladan tentang loyalitas dan komitmen dalam berbicara," sambungnya.


Nawawi pun meminta Desmond tak menyamakannya dengan pimpinan KPK sebelumnya. Dia mengatakan berbeda dengan pimpinan KPK sebelumnya, yakni Abraham Samad dan Saut Situmorang.

"Saya sangat barangkali sedikit memahami dari Gerindra. Benar pimpinan KPK yang dulu juga duduk di tempat ini. Bicara dengan Bapak seperti ini. Tapi Abraham Samad beda dengan Nawawi Pamolango. Seorang Saut Situmorang yang barangkali pernah melobi Bapak beda dengan Nawawi. Nawawi tidak pernah melobi dengan Bapak seperti Pak Saut Situmorang lakukan seperti Bapak ceritakan," tutur Nawawi.


Nawawi menegaskan, apa yang disampaikannya bukan berarti langkah KPK selama ini menghambat pemerintah. Dia juga menegaskan dirinya tidak mengharamkan OTT. Namun, menurut dia, KPK harus dibenahi.

"Saya tidak mengatakan OTT itu haram tapi harus dirubah. Saya pernah baca dari Prof Romli Kartasasmita. Dia bilang usai nangkap, usai OTT KPK itu nangkap bangun sistem di situ. Bukan nangkap, terus dibiarin dua tahun lagi ditangkapin," katanya.

"(Jadi) kalau bicara komitmen insyaallah saya akan pertanggungjawabkan. Bukan kepada Bapak, tapi kepada Tuhan. Kami pun setiap hari demi Ketuhanan Yang Maha Esa," imbuh Nawawi.

Sebelumnya, Desmond mengatakan jika peradilan baik, kepastian hukum di Indonesia terjamin. Politikus Gerindra itu lantas menyebut jawaban Nawawi omong kosong.

"Polisi, pengacara, jaksa nggak beres. Kalau hakimnya beres kepastian hukum ada. Ini saya pikir sama saja, omong kosong saja," sebut Desmond.




Masih Adakah Harapan di Tengah Banjir kritikan Capim KPK Ini?:

[Gambas:Video 20detik]

Disebut Omong Kosong, Capim KPK Nawawi Singgung Saut Lobi Desmond

(mae/tor)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com