detikNews
Rabu 11 September 2019, 12:06 WIB

Ssst... Ini Bocoran Nama Calon Menteri Jokowi?

Tim detikcom - detikNews
Ssst... Ini Bocoran Nama Calon Menteri Jokowi? Foto: Presiden Joko Widodo (Jokowi) bicara soal situasi di Papua (BPMI Setpres/Laily Rachev)
Jakarta - Presiden Jokowi sedang mencari calon menteri terbaik untuk lima tahun ke depan. Siapa sih nama-nama kandidat kuatnya?

Nama-nama kandidat kuat menteri Jokowi dapat dilihat halaman polling 'Bantu Jokowi Cari Menteri' di https://www.detik.com/jokowi-cari-menteri. Detikers juga bisa turut memilih siapa kandidat yang terkuat untuk masing-masing kementerian.

Sebagai bocoran untuk posisi yang melekat Presiden seperti Setneg selain incumbent ada nama-nama kuat seperti Pramono Anung, Moeldoko, Heru Budi Hartono,Saldi Isra, Johan Budi, sampai Taufik Basari.

Sementara untuk posisi Seskab, selain incumbent ada nama Pratikno, Heru Budi Hartono, Hasto Kristiyanto, Johan Budi, Teten Masduki sampai Prananda Paloh.

Lalu ada nama siapa lagi?

Sedangkan untuk Kepala Staf Kepresidenan, selain nama incumbent ada Eric Thohir, Abdul Kadir Karding, Sukardi Rinakit, Ahmad Erani Yustika, Diaz Hendropriyono, Yudi Latif.

Nama-nama itu sendiri adalah hasil dari survei pembaca detikcom dalam program 'Bantu Jokowi Cari Menteri' yang digulirkan sejak 12 Agustus 2019. Nama-nama talenta calon menteri bermunculan dari usulan Detikers melalui jalur survei, Presiden Jokowi pun mengapresiasi program ini.

Dari survei pembaca dan telaah tim pakar dalam focus group discussion (FGD), redaksi detikcom kemudian memfinalisasi enam nama calon menteri di setiap kementerian.

Kini, Detikers kembali dilibatkan lewat polling 'Bantu Jokowi Cari Menteri'. Polling berlangsung pada 10-30 September 2019. Tiga nama yang paling banyak direkomendasikan oleh Detikers ditambah menteri inkumben akan diserahkan kepada Jokowi sebagai hasil dari 'Bantu Jokowi Cari Menteri'

Detikers bisa ikutan polling 'Bantu Jokowi Cari Menteri' lewat https://www.detik.com/jokowi-cari-menteri Detikers cukup memilih kementerian, lalu pilih tokoh yang dinilai tepat untuk mengisi posisi menteri tersebut.
(van/imk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com