Mengenal Nyoman Kalor 'Samson' Pemanggul Motor di Pantai Sanur

Aditya Mardiastuti - detikNews
Rabu, 11 Sep 2019 10:03 WIB
I Nyoman Kalor, 'Samson' Pemanggul Motor di Pantai Sanur (Foto: Dita/detikcom)
Denpasar - Bagi warga yang sering mengangkut barang dari Sanur menuju Nusa Penida atau Nusa Lembongan pasti tak asing dengan sosok I Nyoman Kalor (46). Tak cuma kardus atau koper, pria bertubuh kurus ini juga sering memanggul motor di pundaknya.

Begitu perahu menepi di Pantai Sanur, Nyoman bergegas mengangkut barang-barang bawaan penumpang ke kapal. Dengan gesit dia bolak-balik dari parkiran menuju ke perahu. Panas terik matahari tak menghalanginya mengangkut barang bawaan penumpang yang membutuhkan jasanya.

"Saya angkut-angkut barang kayak kardus, beras, dan lain-lain ke Nusa Penida atau Nusa Lembongan sudah 32 tahun, sudah sejak 1987. Kalau motor sudah lebih dari 10 tahun ini," kata Nyoman saat berbincang di Pantai Sanur, Denpasar, Bali, Rabu (11/9/2019).


Mengenal Nyoman Kalor 'Samson' Pemanggul Motor di Pantai SanurI Nyoman Kalor, 'Samson' Pemanggul Motor di Pantai Sanur (Foto: Dita/detikcom)


Proses mengangkut barang bawaan penumpang apalagi sepeda motor itu tak mudah. Terkadang ombak besar mengharuskannya menghentikan langkahnya menuju perahu.

"Saya khawatir keseimbangannya, agak-agak sulit, biar nggak terlalu depan-belakang. Ya astungkara bisa," terang bapak empat anak ini.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3