Round-Up

Truk-truk Terguling di KM 90-an Cipularang

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 11 Sep 2019 08:10 WIB
Truk kontainer terbakar di tol cipularang. (Foto: Istimewa)
Jakarta - Daftar kecelakaan di KM 90-an Tol Purbaleunyi (Cipularang) semakin bertambah. Yang teranyar, kecelakaan melibatkan lima kendaraan yaitu dua truk dan tiga minibus.

Kecelakaan itu terjadi KM 91-92 Tol Cipularang, Selasa (10/9/2019) sore. Dua orang terluka akibat insiden tersebut.

Salah seorang pengendara yang terlibat kecelakaan, Munawar, mengatakan ada dua truk bercat biru dan putih serempetan serta menabrak sejumlah kendaraan lainnya.

"Ada dua truk serempetan, yang warna putih (truk) itu yang nabrak, kemudian yang biru terguling, lalu menabrak mobil saya dan lainnya. Kalau yang putih nyelonong terus ke bawah," ujar Munawar di tempat kejadian.



Munawar saat itu tengah melaju dari arah Bandung menuju Jakarta. Lima kendaraan yang terlibat kecelakaan ini terdiri atas dua truk dan tiga minibus. Satu truk yang diduga menjadi penyebab kecelakaan ini hangus terbakar.

"Kurang-lebih ada lima kendaraan, truk yang putih terbakar di bawah," ucap Munawar.

Petugas mengevakuasi truk biru yang terguling dan tiga minibus. Sedangkan truk putih terbakar itu terperosok di bahu jalan.

"Dua orang terluka," kata Kasatlantas Polres Purwakarta AKP Ricky Adi Pratama.

Kecelakaan juga terjadi di KM 91 Tol Cipularang, pada 2 September lalu. Delapan orang tewas dan sejumlah orang terluka.



Kecelakaan ini melibatkan sejumlah truk, kendaraan pribadi dan bus. Beberapa di antaranya terbakar. Polisi telah menetapkan dua tersangka dalam kecelakaan maut di Jalan Tol Cipularang. Kedua tersangka disangka lalai sehingga mengakibatkan kematian orang lain.

"Menetapkan dua orang tersangka," kata Kapolres Purwakarta AKBP Matrius dalam jumpa pers, Rabu (4/9).

Kedua tersangka adalah pengemudi truk, yakni Dedi Hidayat (DH) dan Subana (S). Polisi juga mengatakan truk yang dikemudikan tersangka kelebihan muatan.

7 September 2011 silam, pagi hari, kecelakaan terjadi di KM 93 tol ini. Sebuah mobil bermuatan 18 orang menabrak truk dan menewaskan 6 orang, membuat 3 orang terluka. (idn/knv)