Tepis Jadi Penyebab Tunggal Kabut Asap, RI Akan Surati Malaysia

Tepis Jadi Penyebab Tunggal Kabut Asap, RI Akan Surati Malaysia

Andhika Prasetia - detikNews
Selasa, 10 Sep 2019 18:07 WIB
Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya (Lamhot Aritonang/detikcom)
Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya (Lamhot Aritonang/detikcom)
Jakarta - Indonesia tidak terima disebut sebagai penyebab tunggal munculnya kabut asap di Malaysia. Pemerintah Indonesia akan menyurati pemerintah Malaysia terkait hal tersebut.

"Saya akan menulis surat kepada Dubes untuk diteruskan kepada menterinya. Jadi, saya kira, supaya yang betul datanya. Karena apa? Karena pemerintah Indonesia betul-betul secara sistematis mencoba menyelesaikan ini dengan sebaik-baiknya," ujar Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Selasa (10/9/2019).

Siti menunjukkan peta sebaran titik panas di Indonesia. Ia mengatakan sumber kabut asap juga berasal dari Malaysia sendiri, tepatnya di wilayah Serawak dan Semenanjung.


"Kenapa Malaysia mengatakan seperti itu? Ada informasi yang dia tidak buka, karena sebetulnya asap yang masuk ke Malaysia, ke Kuala Lumpur, itu dari Serawak kemudian dari Semenanjung Malaya, dan juga mungkin sebagian dari Kalbar. Oleh karena itu, seharusnya objektif menjelaskannya," ujar Siti.



Hasil analisis soal peta sebaran titik panas di Indonesia sudah dilaporkan kepada Presiden Joko Widodo. Siti juga menepis kabut asap di Singapura berasal dari Riau.

"Dan nggak benar, ada dari Riau nyeberang ke Singapura. Itu nggak benar. Kenapa? Di Riau sudah turun (hotspot). Kita punya 46 helikopter yang bekerja di lapangan," ucap Siti. (dkp/rvk)