detikNews
2019/09/10 17:56:48 WIB

Menteri LHK soal Kabut Asap di Malaysia: Jangan Bilang Hanya dari Indonesia

Andhika Prasetia - detikNews
Halaman 1 dari 2
Menteri LHK soal Kabut Asap di Malaysia: Jangan Bilang Hanya dari Indonesia Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya Bakar (Foto: Andhika/detikcom)
Jakarta - Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya Bakar mengatakan, kabut asap yang terjadi di Malaysia tidak murni berasal dari Indonesia. Ada dugaan sumber kabut asap juga berasal dari wilayah Serawak dan Semenanjung.

Siti menunjukkan data dari BMKG soal jumlah titik api di Indonesia dan pergerakan angin sejak tanggal 2 September 2019. Sempat ada pergerakan angin dari Indonesia pada hari Minggu (8/9), tapi hanya berlangsung 1 jam.

"Karena arah anginnya bergerak ke arah barat laut. Jadi dari Kalimantan Barat, Serawak, dan dari Semenanjung Malaysia masuk ke Malaysia. Jadi jangan bilang hanya dari Indonesia. Terus yang ke Singapura juga karena anginnya bergerak ke sana, dan tidak benar ada asap masuk dari Riau ke Singapura," ujar Siti di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Selasa (10/9/2019).


Menteri LHK Siti Nurbaya Tunjukkan Sebaran Titik PanasMenteri LHK Siti Nurbaya Tunjukkan Sebaran Titik Panas Foto: Andhika/detikcom


Siti menyebut terus mengikuti informasi terkini soal jumlah titik api di Indonesia. Ia menambahkan, Malaysia belum mengirimkan nota diplomatik ke Indonesia soal kabut asap.

"Jadi nggak bisa Malaysia kalau bilang urge Indonesia untuk berbuat sesuatu. Apaan itu? Orang Indonesia kerjanya sudah sistematis kok. Datanya yg bener aja. Lihat tanggal 6 hari Jumat, kira-kira ada 3.000an. Kalbar tanggal 6 masih kosong. Gambarnya sebenarnya seperti ini. Tapi dia bilang Indonesia," sebutnya.

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com