detikNews
Selasa 10 September 2019, 17:48 WIB

Anggota Komisi III DPR Ngaku Dilobi Pendukung Capim KPK, Tapi Tak Terima

Nur Azizah Rizki Astuti - detikNews
Anggota Komisi III DPR Ngaku Dilobi Pendukung Capim KPK, Tapi Tak Terima Foto: Arsul Sani (Tsarina/detikcom)
Jakarta - Anggota Komisi III DPR Arsul Sani mengungkap ada lobi-lobi yang dilakukan pendukung calon pimpinan (capim) KPK. Namun, Arsul mengaku tak mau menerima lobi-lobi yang dilakukan.

"Ada capim KPK kemudian tim horenya capim KPK yang ingin ketemu saya, saya nggak mau, nggak mau ketemu," kata Arsul saat ditemui detikcom di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (10/9/2019).


Arsul mengakui memang ada yang melakukan lobi-lobi kepada dirinya. Namun, politikus PPP itu menegaskan untuk seleksi capim KPK yang saat ini tengah berjalan, pihaknya tak mau menerima lobi-lobi tersebut.

"Ada (yang melobi), tapi tidak diterima. Periode ini sekarang kami yang tidak mau. Kami nggak mau terima," tegas Arsul.



Sebelumnya, soal lobi-lobi yang dilakukan capim KPK ini juga diungkapkan Wakil Ketua Komisi III DPR Desmond J Mahesa. Desmond mengungkapkan lobi-lobi yang dilakukan Saut Situmorang sebelum terpilih sebagai salah satu pimpinan KPK.

"Banyak tuh, masa saya sebut orang yang lobi saya? Komisioner hari ini, komisioner yang lalu semasa saya DPR, minta tolong sama saya, saya tolong-tolong saja," kata Desmond, Senin (9/9/2019).

"Kalau kurang yakin, tanya Saut ya. Saut lobi saya. Saya ajak makan, saya bayarin, tapi saya tidak men-deal apa-apa, dan dia juga nggak deal. Saya cuma bilang tegakkan hukum. Tanya Saut," tuturnya.


Pertemuan yang diungkit Desmond tidak dibantah oleh Saut. Ia mengakui memang pernah bertemu dengan Desmond saat mengikuti seleksi pimpinan KPK. Hanya, menurutnya, pertemuan tersebut tidak menyalahi aturan.

"Orang yang milih anggota Komisi III ya lobinya ke anggota Komisi III. Ini program ane Bro Desmond, pilihlah ane. Agar yang mau mereka mau milih kita, ya nggak? Itu tidak dilarang UU KPK," kata Saut kepada wartawan, Senin (9/9).
(azr/gbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com