detikNews
2019/09/10 14:21:48 WIB

Dishub DKI: Uji Coba Ganjil Genap 3 Minggu Kemarin, Kendaraan Turun 25%

Arief Ikhsanudin - detikNews
Halaman 1 dari 2
Dishub DKI: Uji Coba Ganjil Genap 3 Minggu Kemarin, Kendaraan Turun 25% Uji coba perluasan ganjil-genap dilakukan 3 minggu. (Pradita Utama/detikcom)
Jakarta - Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo yakin kebijakan perluasan ganjil-genap bisa menurunkan volume kendaraan di jalanan. Hal ini berdasarkan uji coba yang telah dijalankan selama tiga minggu.

"Volume lalu lintas berdasarkan uji coba kami kemarin 3 minggu, terjadi penurunan volume lalu lintas di jalan itu sebesar 25,25 persen. Ini kan cukup tinggi ya," ucap Syafrin saat dihubungi, Selasa (10/9/2019).


Uji coba perluasan ganjil-genap ini dilakukan pada 12 Agustus-6 September 2019. Syafrin menganalogikan jumlah kendaraan di jalanan sebanyak 10 kendaraan sebelum ganjil genap berlaku. Dari 10 kendaraan itu, ada 6 sepeda motor dan 4 mobil.

Setelah diterapkan sistem ganjil-genap, jumlah mobil berkurang dari 4 menjadi 2 mobil. Namun, di sisi lain, jumlah sepeda motor bertambah karena tidak terkena ganjil-genap. Namun dia mengaku belum punya data rinci soal rasio jumlah sepeda motor dan mobil setelah kebijakan ganjil-genap diterapkan.


"Yang di jalan kan tinggal 6 motor-2 mobil, (jumlah kendaraan) 8. Artinya, persentase motor naik, persentase mobil turun kan?" ucap Syafrin.

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com