Anak dan Cucu Berkumpul Temani BJ Habibie di RSPAD Gatot Soebroto

Jefrie Nandy Satria - detikNews
Selasa, 10 Sep 2019 14:02 WIB
BJ Habibie (Lamhot Aritonang/detikcom)
Jakarta - Presiden ke-3 RI, BJ Habibie, tengah dirawat di RSPAD Gatot Soebroto. Anak, keponakan, dan cucu-cucu Habibie tampak menemani di rumah sakit.

"Yang saya lihat ada anaknya, Pak Ilham (Ilham Habibie, anak Habibie), kemudian ada keponakan-keponakan, cucu-cucu," kata politikus senior Golkar Theo Sambuaga di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta Pusat, Selasa (10/9/2019).



Beberapa dokter juga terlihat di dalam dan di ruangan Habibie. Menurut Theo, ada empat dokter yang terlihat sedang menjaga Habibie. Kondisi Habibie, menurutnya, masih dalam masa pemulihan.

"Saya lihat tadi ada dokter dari sini ada tiga atau empat. Ada di dalam ruangan. Tetapi sebagian di luar ruangan juga. Terlihat sedang menjaga di situ. Karena kan masih ada juga alat-alat," ucapnya.

Anak dan Cucu Berkumpul Temani BJ Habibie di RSPAD Gatot SubrotoTheo Sambuaga menjenguk BJ Habibie (Jefrie/detikcom)


Tak semua cucu Habibie bisa masuk ke ruang perawatan. Habibie disebut sempat berkomunikasi lewat bahasa isyarat dengan cucunya.

"Beliau berkomunikasi dengan bahasa isyarat," ujar Theo.



Theo mengaku hanya dapat melihat Habibie dari kaca yang terdapat di dekat ruangan Habibie dirawat. Dia mendoakan Habibie agar lekas sembuh dan memandang figur Habibie sebagai seorang pemimpin.

"Kita semua doakan ya supaya ya lagi kan pemimpin kita beliau itu. Keluarganya cerita bahwa Pak Habibie memiliki semangat yang tinggi. Beliau bertahan dan semua kita serahkan ke Tuhan," ujar Theo. (imk/imk)