detikNews
Selasa 10 September 2019, 12:06 WIB

Dari Mantan Atlet, Artis hingga Netizen Ramai-ramai Bela PB Djarum

Mustiana Lestari - detikNews
Dari Mantan Atlet, Artis hingga Netizen Ramai-ramai Bela PB Djarum Foto: Istimewa
Jakarta -

PB Djarum mengumumkan penghentian audisi umum mulai tahun depan. Audisi tersebut digelar setiap tahun sejak 2006 untuk mencari bibit-bibit pemain bulutangkis. Keputusan PB Djarum ini dipicu kisruh dengan KPAI (Komisi Perlindungan Anak Indonesia). PB Djarum dituding mengeksploitasi anak-anak demi kepentingan promosi produk rokok.

PB Djarum pun menegaskan bahwa keputusan menyetop audisi bukanlah bentuk kekecewaan. "Ini keputusan, bukan mutung, bukan. Ini rasional, karena kita tidak diberi ruang gerak," jelas Program Director Bakti Olahraga Djarum Foundation, Yoppy Rosimin beberapa waktu lalu.

Sontak saja, keputusan ini sangat disayangkan berbagai pihak. Bahkan mulai dari artis sampai pencinta olahraga angkat suara. Legenda bulutangkis Susy Susanti Prihatin dengan dihentikannya audisi umum PB Djarum di 2020. Menurut Susy, eksploitasi anak-anak tidaklah tepat.

"Dengan kita mengadakan audisi ini akan semakin terpantau bibit-bibit yang potensial. Untuk membina itu kan tidak instan yang tidak dalam jangka waktu yang pendek, tapi kita butuhkan waktu yang betul-betul cukup panjang," jelas Susy.

"Tapi di satu sisi dengan adanya kegiatan positif ini, ada yang menghambat kita. Kita juga pastinya prihatin ya," ucap mantan atlet yang kini menjabat sebagai Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PB PBSI itu.

Begitu juga Presenter Sere Kalina pun ikut bersuara soal masalah tersebut. Sere berkicau mempertanyakan mengapa program beasiswa bulutangkis diberhentikan karena dianggap mengeksploitasi anak. Wanita 25 tahun itu pun meminta solusi dari masalah tersebut ke pihak bersangkutan

"Program beasiswa bulutangkis diberhentikan karena dianggap eksploitasi anak dengan brand tembakau. Terus setelah ini, solusinya apa? Hilang aja gitu kesempatan anak-anak mendapat beasiswa?" tulisnya di akun Twitter.

Dari Mantan Atlet, Artis hingga Netizen Ramai-ramai Bela PB DjarumFoto: istimewa


Terakhir, netizen dengan akun @fim_mifta bahkan bukan hanya berkicau dia malahan turun ke jalan untuk mendukung PB Djarum . Dengan membawa poster dia berdiri di Taman Pelangi, Surabaya. "Saya bukan perokok, saya bersama PB Djarum," begitu tulisan yang dibawa Mifta.




Tonton video Suara Atlet Muda PB Djarum soal Penghentian Audisi:

[Gambas:Video 20detik]


(mul/ega)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com