Aspirasi Tokoh Papua: Pak Jokowi, Generasi Muda Kami Jangan Dihukum

Andhika Prasetia - detikNews
Selasa, 10 Sep 2019 12:07 WIB
Pertemuan Jokowi dan tokoh-tokoh Papua. (Andhika Prasetia/detikcom)
Jakarta - Ketua DPRD Jayapura Abisai Rollo berbicara kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) mewakili masyarakat Papua. Dia meminta agar generasi muda Papua tidak dihukum, melainkan dibina.

"Bapak Jokowi sebagai sobat kami di Papua, kami berharap dengan keserasian investasi di bidang sumber daya manusia, supaya stigma negatif tidak dirasakan kepada kami," kata Abisai Rollo kepada Jokowi dalam pertemuan di Istana Negara, Jl Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Selasa (10/9/2019).



Ondoafi (Kepala Suku) Skouw ini menilai pembangunan sumber daya manusia Papua lebih penting ketimbang pembagian sumber daya alam Papua. Sumber daya alam Papua bisa habis, namun sumber daya manusia adalah bekal yang sangat berharga bagi masa depan. Pendidikan untuk generasi muda menjadi hal yang penting.

"Generasi muda kami memiliki masa depan dan mereka tidak pernah melupakan sejarah bangsa yang besar ini, di mana Papua menjadi elemen penting dalam keberagaman Indonesia," kata Abisai.



Kemudian Abisai menyampaikan permintaannya agar para generasi muda Papua ini tidak dihukum. Dialog adalah jalan yang bisa ditempuh untuk menyelesaikan masalah. Masyarakat Papua bersedia menanggalkan semua atribut untuk mulai berdialog dengan Jokowi.

"Mereka jangan dihukum, namun dibina, karena mereka adalah masa depan Indonesia. Kami membuka hati seluas-luasnya, kami membuang semua atribut untuk berdialog yang jujur," kata Abisai.



Simak video Pelemparan Ular di Asrama Papua, Wiranto: Upaya Provokasi:

[Gambas:Video 20detik]

(dnu/tor)