Jokowi Undang Tokoh Papua ke Istana Hari Ini

Andhika Prasetia - detikNews
Selasa, 10 Sep 2019 10:43 WIB
Presiden Joko Widodo (Jokowi) (Andhika Prasetia/detikcom)
Presiden Joko Widodo (Jokowi) (Andhika Prasetia/detikcom)
Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan bertemu dengan tokoh Papua di Istana hari ini. Ada sekitar 64 tokoh yang bertemu Jokowi.

Dari informasi yang dihimpun, pertemuan akan digelar di Istana Negara, Jakarta Pusat, Selasa (10/9/2019) siang. Pertemuan juga akan dihadiri Menko Polhukam Wiranto.

"Yang atur Menko Polhukam," ujar Stafsus Presiden bidang Papua Lenis Kogoya lewat pesan singkat.


Namun Lenis belum mengetahui siapa saja tokoh yang akan bertemu dengan Jokowi. "Belum tahu," ucapnya.

Pertemuan ini merupakan tindak lanjut dari janji Jokowi di Istana Bogor, Agustus lalu. Saat itu, Jokowi mengatakan akan mengundang tokoh Papua ke Istana.

"Mengundang para tokoh dari Papua dan Papua Barat baik tokoh adat, tokoh masyarakat, tokoh agama ke Istana, bicara masalah percepatan kesejahteraan di Tanah Papua," ujar Jokowi di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Kamis (22/8).



Dalam kesempatan terpisah, Wiranto mengatakan pemerintah berencana mengembalikan pelajar Papua yang melakukan eksodus untuk kembali ke tempat belajar. Dia mengatakan selanjutnya harus ada upaya menjaga pelajar Papua tetap aman.


Upaya yang dimaksud ialah mengawasi anak-anak Papua yang nantinya sudah kembali ke kota belajarnya. Ia bahkan meminta aparat TNI dan Polri menjadikan anak Papua sebagai anak asuh.

"Sudah dirancang nanti anak-anak kita, adik-adik kita yang belajar di kota-kota di seluruh Indonesia itu akan ada, kita anjurkan dari pejabat Kepolisian, TNI, nanti punya anak asuh lah ya istilahnya, ikut mengawasi ikut merawat punya hubungan telepon dengan mereka sehingga anak-anak, adik-adik kita merasa nyaman di mana pun mereka ada," kata Wiranto di Kemenko Polhukam, Jakarta Pusat, Senin (9/9). (dkp/idh)