PT TransJakarta Sayangkan Pesepeda Masuk Busway Saat CFD Mampang

Arief Ikhsanudin - detikNews
Senin, 09 Sep 2019 23:27 WIB
CFD Mampang. (Foto: Lamhot Aritonang)
Jakarta - PT TransJakarta berterima kasih kepada Dinas Perhubungan (Dishub) DKI yang telah melarang pesepeda masuk jalur khusus bus di car free day Mampang, Jakarta Selatan. Menurutnya, tindakan pesepeda masuk ke jalur bus bisa membahayakan diri.

"Kami sangat menyayangkan kejadian tersebut dan mengapresiasi pihak Dishub. Jalur busway adalah Jalur steril. Kendaraan dan moda transportasi apa pun dilarang masuk dikarenakan mengganggu jalanya laju bus dan membahayakan," ucap Kepala Divisi Sekretaris Perusahaan dan Humas Transjakarta Nadia Diposenjoyo, saat dihubungi detikcom, Senin (9/9/2019).



Menurut Nadia, Bus Transjakarta melaju sekitar 50 km per jam. Ada tuntutan juga untuk sopir TransJakarta tepat waktu.

"Pramudi bus memiliki kewajiban untuk bisa tiba pada halte yang dituju sesuai dengan waktu yang ditentukan untuk selanjutnya mengangkut dan menurunkan penumpang di halte selanjutnya," kata Nadia.



Jika ada pesepeda masuk ke jalur bus, sopir bisa saja tidak melihat. Maka, pesepeda bisa mengalami kecelakaan karena tertabrak bus.

"Badan bus sangat besar dan pramudi tidak dapat melihat keseluruhan panorama yang ada di sekitar. Kalau ada sepeda dan tidak terlihat maka kemungkinan terjepit atau terlindasnya sangat tinggi," kata Nadia.



Sebelumnya, viral video seorang pesepeda ngotot ingin melintasi jalur TransJakarta di kawasan Mampang, Jakarta Selatan saat diterapkan hari bebas kendaraan bermotor (HBKB) atau car free day (CFD). Pesepeda itu tampak marah saat diminta keluar dari lintasan TransJakarta.

Dilihat detikcom, video tersebut diunggah akun Instagram @infosudinhubjs. Dalam video tersebut ada dua petugas memberhentikan pesepeda untuk keluar busway. Namun, pesepeda justru tak terima dan adu argumen dengan petugas Dinas Perhubungan (Dishub) DKI.

Suku Dinas Perhubungan Jakarta Selatan membenarkan kejadian tersebut. Mereka memang menerapkan sterilisasi jalur TranJakarta saat car free day di kawasan Mampang.



"Hari Minggu (8/9/2019). HBKB. Jalur busway Mampang. Memang kan jalur busway itu harus steril, karena di situ kan sering terjadi kecelakaan. Sedangkan selama HBKB itu harus steril, tapi ya memang kadang-kadang ada orang masuk situ," ucap Kepala Suku Dinas Perhubungan Jakarta Selatan, Christianto, saat dihubungi. (aik/idn)