detikNews
2019/09/09 22:01:54 WIB

Round-Up

Catatan dari Perluasan Ganjil Genap Hari Perdana

Tim detikcom - detikNews
Halaman 1 dari 4
Catatan dari Perluasan Ganjil Genap Hari Perdana Foto ilustrasi ganjil genap (Jefrie Nandy/detikcom)
Jakarta - Hari pertama perluasan ganjil genap di Jakarta telah selesai. Ada sejumlah catatan peristiwa sepanjang waktu perdana penerapan pembatasan lalu lintas di jalanan Ibu Kota ini.

Dinas Perhubungan DKI memberlakukan sistem ganjil genap di 25 ruas di wilayah Jakarta. Sistem ganjil-genap ini durasinya diperpanjang menjadi pukul 06.00-10.00 WIB dan pukul 16.00-21.00 WIB. Bagi para pengemudi yang melanggar, akan dikenai sanksi denda Rp 500 ribu.



Senin (9/92019) pukul 06.35 WIB pagi hari, suasana Jalan Pramuka arah Matraman Jakarta Timur masih terpantau lancar. Kendaraan yang melintas terlihat mematuhi rambu-rambu lalu lintas.

Masih ada yang tidak tahu

Uji coba perluasan ganjil genap memang sudah dimulai pada 8 Agustus lalu hingga 6 September pekan kemarin. Namun masih saja ada pengguna mobil yang belum paham, tidak tahu, dan lupa tanggal.

Di Jalan Tomang Raya, Jakarta Barat, misalnya. Polisi menindak tiga kendaraan yang berpelat nomor genap. Kendaraan tersebut mengarah dari Jalan S Parman dan Exit Tol Tomang menuju arah Harmoni.



"Saya belum tahu, Pak," kata pengendara yang melanggar ganjil genap kepada polisi. Hari ini adalah hari ganjil, tapi dia menggunakan mobil berpelat nomor genap.
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com