Sudah Jamak e-Commerce, Kebiasaan di Toko Kelontong Ini Bikin Kangen

Alfi Kholisdinuka - detikNews
Senin, 09 Sep 2019 21:39 WIB
Foto: dok SRC
Jakarta - Kamu yang tumbuh di era 90an pastinya sudah tidak asing lagi dengan toko kelontong, banyak kenangan manis yang terlintas di benak kalau mendengar soal toko kelontong. Bagaimana tidak, di saat belum ada aplikasi pemesanan instan, toko kelontong menjadi tempat masyarakat membeli berbagai kebutuhan sehari-hari. Mulai dari sembilan bahan pokok, hingga berbagai jajanan masa kecil.

Kenangan-kenangan saat membeli di toko kelontong ini tentunya masih melekat di dalam hati, kira-kira mana yang membuat kamu paling berkesan?

Teriak 'Buuu, beli Buu' ke Penjual
Konsep sederhana toko kelontong membuat kita harus menggunakan cara tradisional dalam melakukan aktivitas jual beli. Meski demikian, hal itu membuat pengalaman yang berarti bagi masa kecil kita. Saat si pemilik nggak berada di sekitar toko, cara mudah biasa kita lakukan buat memanggilnya adalah dengan berteriak 'Buuu beli Buuu' dengan suara lantang hingga pemiliknya datang.

Iseng Bermain Beras
Setiap toko kelontong pastinya menyediakan berbagai kebutuhan sehari-hari, termasuk sembilan bahan pokok, yakni salah satunya beras yang biasa dibeli per liter oleh kita. Berbagai kualitas beras tersebut terpajang di bagian depan dekat etalase sehingga mudah dilihat dan dijangkau oleh pembeli. Masih ingat nggak semasa kecil ketika disuruh orang tua beli beras sambil nunggu belanjaan selesai, kamu pasti suka memegang beras sambil memainkannya, walaupun iseng tapi berkesan sekali kan?

Mengetuk Etalase Pakai Koin
Saat berbelanja di toko kelontong sambil membawa uang koin, rasanya susah banget buat menahan diri untuk tidak mengetuk etalase dengan koin tersebut. Kebiasaan tersebut seringkali dilakukan pada saat iseng untuk memanggil si pemilik jika tidak cukup dengan berteriak. Kamu juga pasti pernah melakukan hal ini, meski sederhana hal ini ampuh memberikan rekam jejak tersendiri saat masa kecil.

Nah, berbagai kebiasaan tersebut tentunya memberikan memori tersendiri yang berkesan. Walaupun mengalami masa-masa pasang surut karena tergerus zaman, sejatinya kehadiran toko kelontong ini masih sangat dibutuhkan oleh masyarakat, dengan berbelanja di toko kelontong, artinya kamu secara langsung membantu kehidupan si pemilik toko dan keluarganya. Selain itu, kamu juga turut berkontribusi mendukung pertumbuhan UKM di Indonesia.

Kini toko kelontong sudah mulai banyak yang berbenah menyesuaikan zaman untuk menjadi toko kelontong masa kini, yakni mereka yang tergabung dalam SRC (Sampoerna Retail Community). Mereka mengubah tampilan menjadi rapi, bersih, dan terang. Toko-toko ini juga identik dengan dekat, hemat dan bersahabat.
Selain itu, sebagai toko kelontong masa kini juga sudah ada Pojok Bayar, tempat pengunjung dapat membeli pulsa, membayar listrik, air, membeli tiket pesawat dan kereta, voucher game, dan lain sebagainya. Klik di sini untuk mengetahui info lebih lanjut!

Tidak hanya berubah, SRC juga membantu dan mengangkat UKM sekitar daerah mereka dengan menyediakan area khusus tempat para UKM menitip jual barangnya, yaitu di Pojok Lokal. Ini sebagai upaya SRC dalam melestarikan dan mengangkat kembali produk tradisional khas Indonesia sekaligus sebagai bentuk kontribusi SRC bagi kesejahteraan masyarakat di sekitarnya. Dengan berbelanja di SRC dan membeli berbagai produk di Pojok Lokal, berarti Kamu juga membantu kehidupan keluarga lain agar jadi lebih baik.

Jadi, ingin rasakan pengalaman berbelanja di toko kelontong masa kini? Ayo download aplikasi AYO SRC Indonesia di Google Playstore untuk mengetahui keberadaan SRC di sekitarmu. Untuk info selengkapnya, klik di sini! (ads/ads)