detikNews
2019/09/09 21:34:57 WIB

Round-Up

Tak Ada Lagi Eksodus ke Papua, Mahasiswa Kembali ke Asrama

Tim detikcom - detikNews
Halaman 1 dari 2
Tak Ada Lagi Eksodus ke Papua, Mahasiswa Kembali ke Asrama Wiranto Nyanyi Bareng Masyarakat Papua di CFD (Foto: Grandyos Zafna)
Jakarta - Mahasiswa asal Papua dan Papua Barat yang menempuh pendidikan di luar daerah sempat ramai-ramai eksodus 'pulang kampung' gara-gara termakan isu. Kini, para mahasiswa disebut sudah kembali ke asrama masing-masing.

Menko Polhukam, Wiranto, mengatakan para mahasiswa itu meninggalkan kampusnya karena para orang tua khawatir anaknya mendapat perlakuan sewenang-wenang dari masyarakat sekitar. Para mahasiswa itu lalu diminta pulang ke Papua dan Papua Barat.

"Alasannya ada kekhawatiran ada tekanan, perlakuan sewenang wenang dari masyarakat sekitar ke pelajar Papua-Papua Barat yang sedang belajar. Nah ini isu yang digulirkan yang sampai ke orang tua kita. Karena kekhawatiran itu akhirnya mereka menarik anak-anaknya ke Papua," kata Wiranto saat membuka rapat koordinasi di Kantor Kemenko Polhukam, Jl Medan Merdeka Barat, Senin (9/9/2019).


Wiranto Nyanyi Bareng Masyarakat Papua di CFD / Wiranto Nyanyi Bareng Masyarakat Papua di CFD / Foto: Grandyos Zafna


Pemerintah lalu berkomunikasi dengan para orang tua dan meyakinkan bahwa isu itu tidak benar. Wiranto mengatakan para orang tua kemudian mengizinkan anak-anaknya kembali menempuh pendidikan dan kembali ke asrama.

"Setelah disampaikan fakta-faktanya, mereka menyesal kembali ke Papua-Papua Barat. Isu itu tidak benar. Namanya isu, mengelabui jalan pikiran mereka," ujarnya.

"Mereka ingin kembali sekarang ke sekolah, asrama tempat mereka belajar sebelum ditarik," sambung Wiranto.


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com