detikNews
2019/09/09 20:43:07 WIB

Terkait Kerusuhan di Papua-Papua Barat, 85 Orang Ditetapkan Tersangka

Ahmad Bil Wahid - detikNews
Halaman 1 dari 2
Terkait Kerusuhan di Papua-Papua Barat, 85 Orang Ditetapkan Tersangka Jayapura saat terjadi kerusuhan (Dian Kandipi/Antara Foto)
Jakarta - Jumlah tersangka yang terlibat dalam kerusuhan di Papua dan Papua Barat bertambah. Berdasarkan data terbaru Polri, 85 orang sudah berstatus tersangka terkait kerusuhan di Papua dan Papua Barat.

"Di Jayapura sejumlah tersangka 31 orang, dari sebelumnya 28, Timka 10, Kabupaten Deiyai 14 orang. Jumlahnya sampai hari ini, Polda Papua sudah menetapkan 55 tersangka," kata Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo di Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Jakarta Selatan, Senin (9/9/2019).

Sedangkan Polda Papua Barat sudah menetapkan 30 orang tersangka. Sebanyak 19 orang juga masuk dalam daftar pencarian orang (DPO).


"Kemudian Papua Barat jumlah tersangka Manokwari 15, Sorong 11 orang, kemudian 11 DPO, Fakfak 3 tersangka dan 8 DPO, untuk Teluk Bintuni ditetapkan 1 tersangka. Total Papua Barat 30 tersangka," ucapnya.

Karo Penmas Divisi Humas Polri, Brigjen Dedi PrasetyoKaro Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo (Reno Esnir/Antara Foto)

Para tersangka diduga melakukan provokasi hingga perusakan di Papua dan Papua Barat. Polda Metro Jaya dan Polda Jatim juga menangkap sejumlah orang karena diduga terlibat provokasi di media sosial hingga perbuatan makar.

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com