Round-Up

Desmond Ungkap Lobi Makan, Saut Situmorang Anggap Bukan Hal Rawan

Tsarina Maharani, Haris Fadhil - detikNews
Senin, 09 Sep 2019 20:34 WIB
Desmond J Mahesa (Lamhot Aritonang/detikcom)

"Kalau kurang yakin, tanya Saut ya. Saut lobi saya. Saya ajak makan, saya bayarin, tapi saya tidak men-deal apa-apa, dan dia juga nggak deal. Saya cuma bilang tegakkan hukum. Tanya Saut," tuturnya.

Desmond pun menegaskan tidak ada kesepakatan atau perjanjian tertentu dengan Saut dari lobi-lobi tersebut. Menurutnya, lobi-lobi dalam rangka silaturahmi boleh dilakukan. Ia mengatakan lobi-lobi menjadi salah jika ada perjanjian tertentu.

"Lobi-lobi dalam rangka silaturahmi nggak jadi masalah. Lobi yang ada deal-nya ada masalah. Pengalaman hari ini, yang lobi yang ada deal-nya pun tipu-tipu," kata Desmond.

Desmond Ungkap Lobi Makan, Saut Situmorang Anggap Bukan Hal RawanSaut Situmorang. (Ari Saputra/detikcom)

Pertemuan yang diungkit Desmond tidak dibantah oleh Saut. Ia mengakui memang pernah bertemu dengan Desmond saat mengikuti seleksi pimpinan KPK. Hanya, menurutnya, pertemuan tersebut tidak menyalahi aturan.

"Orang yang milih anggota Komisi III ya lobinya ke anggota Komisi III. Ini program ane Bro Desmond, pilihlah ane. Agar yang mau mereka mau milih kita, ya nggak? Itu tidak dilarang UU KPK," kata Saut kepada wartawan, Senin (9/9).

Dia mengatakan pertemuannya dengan Desmond merupakan bagian dari kampanye. Menurut Saut, kampanye itu merupakan seni bernegosiasi.

"Itu namanya kampanye. Apalagi waktu itu kita kan belum dikenal makhluk apa kita ini, itu namanya the art of negotiation. Nggak apa-apa agar jadi pembelajaran, the art of negotiates itu perlu dipelajari, yang nggak boleh itu kalau pidana, kampanye selama nggak pakek transaksional itu baik, boleh, datanglah dengan konsep," ujarnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3