detikNews
Senin 09 September 2019, 20:17 WIB

Pemotor Galak yang Serang Pejalan Kaki di Trotoar Jakpus Ditangkap!

Rahel Narda Caterina - detikNews
Pemotor Galak yang Serang Pejalan Kaki di Trotoar Jakpus Ditangkap! HGT, pemotor yang menerobos trotoar di Jakpus (berjaket). (Foto: Rahel Narda Caterine)
Jakarta - Polres Jakpus bergerak cepat menindak lanjuti video viral seorang pemotor galak yang menyerang pejalan kaki saat menerobos di trotoar di Jalan Wahid Hasyim, Jakarta Pusat. Pelaku berinisial HGT (24) ditangkap di rumahnya di kawasan Bekasi.

"Kita baru saja mengamankan salah seorang pengendara motor yang sempat viral di media sosial, di mana kita mendapatkan laporan dari korban dengan pasal perbuatan tidak menyenangkan atau Pasal 335 KUHP," jelas Wakapolres Jakarta Pusat AKBP Arie Ardian kepada wartawan di kantornya, Kemayoran, Jakarta Pusat, Senin (9/9/2019).

Peristiwa itu terjadi pada Sabtu (7/9) sekitar pukul 12.30 di trotoar Jalan Wahid Hasyim, Menteng, Jakarta Pusat. Pelaku mengendarai motor naik ke trotoar dan hampir menabrak anak korban yang sedang berjalan kaki.

"Karena kejadian tersebut, bapaknya menegur pengendara bermotor ini, namun pengendara bermotor ini tidak terima dan mencoba memukul pelapor dan mengenai tangan dan handphone pelapor dan itu sempat viral dan sekarang pengendara kendaraan motor itu sudah kita amankan dan akan kita lakukan pemeriksaan," jelas Arie.










Arie mengatakan korban melaporkan kejadian itu ke Polres Jakarta Pusat. Korban juga telah dimintai keterangan oleh polisi.

"Yang dilaporkan Pasal 335 (KUHP) perbuatan tidak menyenangkan dan tentunya juga karena pengendara ini membahayakan pejalan kaki, juga pengguna kendaraan lainnya, dan menggunakan kendaraan di atas trotoar," katanya.

Selain itu, HGT dikenai Undang-Undang No 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan karena berkendara di atas trotoar.

"Kita akan kenakan Pasal 284 UU Lalu Lintas No 22 Tahun 2009," imbuh Arie.

Sebelumnya diberitakan, video seorang pemotor naik ke trotoar di Jalan KH Wahid Hasyim viral di media sosial. Pemotor tersebut hampir menyerempet anak kecil yang sedang berjalan kaki bersama ibunya di trotoar.

Kejadian ini direkam oleh pejalan kaki lainnya. Pelaku juga menyerang pria yang merekam video.



(mei/mei)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com