detikNews
2019/09/09 18:05:34 WIB

Bareng Tokoh Bangsa Lintas Agama, PBNU Deklarasi Papua Damai

Eva Safitri - detikNews
Halaman 1 dari 2
Bareng Tokoh Bangsa Lintas Agama, PBNU Deklarasi Papua Damai PBNU bersama tokoh lintas agama untuk menyikapi kondisi di Papua dan Papua Barat. (Eva Safitri/detikcom)
Jakarta - Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) melakukan pertemuan dengan tokoh lintas agama. Pertemuan itu guna menyikapi peristiwa atau konflik yang terjadi di Papua dan Papua Barat yang mengakibatkan kerusuhan di beberapa tempat.

Ketua Umum PBNU KH Said Aqil Siroj meminta pemerintah terus mengedepankan sikap persuasif dalam menangani masalah di Papua. Dengan mengutamakan pendekatan dialog dengan masyarakat setempat tanpa adanya kekerasan sekalipun.


"Kita mohon kepada pemerintah tadi agar profesional dengan menangani masalah. Sebenarnya saya sudah mengatakan waktu di Denpasar pada kongres PKB saya sudah mengatakan bahwa utamakan dialog, utamakan persuasif kemanusiaan, jangan terus langsung dengan pendekatan keamanan, kekerasan, bedil, kita hindari itu," ujarnya saat jumpa pers di gedung PBNU, Jl Kramat Raya, Jakarta Pusat, Senin (9/9/2019).

Sementara itu, Sekum PGI Pendeta Gomar Gultom berharap pemerintah menyelesaikan permasalahan Papua hingga ke akarnya. Kalau tidak, menurutnya, polemik Papua tidak akan selesai dan kemungkinan akan terus berulang.


"Kita bisa selesaikan masalah sekarang, tapi kalau masalah mendasar tidak diselesaikan ini akan berulang, hanya soal waktu, nanti ada celetukan kecil saja itu akan meledak lagi. Jadi, menurut saya, pemerintah membuka road map Papua itu, saya tidak mengatakan hanya itu, itu salah satu bahan studi, pintu masuk masalah Papua," ucapnya.

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com